Melihat Koleksi Mobil Klasik Bos Sritex di Museum Tumurun

Ditulis oleh : Helen Birgitta

23 September 2019

Melihat Koleksi Mobil Klasik Bos Sritex di Museum Tumurun

momobil.id – Bos PT Sritex, Iwan Kurniawan Lukminto, mendirikan Museum Tumurun Solo, yang di dalamnya terdapat sejumlah benda seni berkelas. Beberapa koleksi yang dipamerkan dalam musem ini adalah aneka mobil klasik.

Di museum tersebut terpanjang tiga mobil lawas peninggalan mendiang Lukminto, pendiri PT Sritex. Semuanya tampak sangat terawat dengan baik dan memiliki aksesori lengkap. Koleksi mobil-mobil itu dipajang  di antara lukisan hasil karya sejumlah seniman kontemporer.

Sumber Gambar : otomotif.tempo

Sedan Mercedes Benz seri 280s ini merupakan mobil paling muda yang dipajang di museum. Mobil keluaran 1972 ini memiliki perpaduan cokelat dan warna champagne. “Mobil ini adalah  Mercy pertama milik bapak Lukminto,” ucap salah satu pemandu bernama Sofian.

Mobil dengan mesin kapasitas 2,8 liter terlihat seperti baru karena masih sangat mengkilap. Grill, bemper, dan lis samping merupakan aksesori berbalut krom yang sangat menonjolkan kesan klasiknya.

Koleksi dalam bentuk mobil antik lainnya adalah Dodge Deluxe Club Coupe keluaran 1948. Seperti koleksi mobil sebelumnya, aksesori mobil yang berusia 71 tahun ini masih cukup lengkap dan termasuk mobil yang memiliki mesin yang kondisinya sangat lengkap.

Sumber Gambar : tribunnews

“Sebelum masuk museum ini, mesinnya masih bisa dinyalakan,” ucap Sofian. Tapi sayangnya, tidak ada informasi lanjut mengenai spefikasi mesin mobil bergaya sport pada zamannya itu.

Masih dari pabrikan Dodge, mobil jenis Dodge Eight seri DK  juga menjadi salah satu koleksi yang spesial. Mobil berwarna hitam dengan lis putih ini sudah berusia 87 tahun lantaran diproduksi pada tahun 1932.

Logo domba yang dilengkapi gril berlapis krom ini memperkuat kesan klasik mobil ini. Ditambah lagi dengan lis warna putih mendekorasi beberapa bagian warna hitam bodi mobil tersebut. “Konon, lis putih ini dibuat secara handmade,” ucapnya.

Sumber Gambar : tribunnews

Mobil ini masih menggunakan velg jari-jari berukuran lima belas inch yang terbuat dari kayu. Velg tersebut dibalut ban hitam dengan lis warna putih.

Sumber gambar: otomotif.tempo

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas