Melihat Morris Mini Mk1, Mobil Klasik Raffi Ahmad

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 16 March 2020

Melihat Morris Mini Mk1, Mobil Klasik Raffi Ahmad

momobil.id – Raffi Ahmad dikenal sebagai salah satu artis yang hobi mengoleksi mobil mewah. Baru-baru ini, Raffi membeli mobil klasik asal inggris, yaitu Morris Mini Mk1. Mini hasil restorasi Andre Taulany itu dibeli dengan harga Rp 700juta, dan merupakan Mini keluaran tahun 1961. Mobil ini merupakan generasi pertama dari Mini Cooper.

Mini Cooper generasi pertama dahulunya bernama Morris Mini Mk1. Mk1 merupakan mobil yang cukup populer di Inggris pada masanya. Morris Mini pertama kali diluncurkan pada tahun 1959 oleh British Motor Corporation. Generasi pertama Mini yang identik dengan kendaraan Mr. Bean ini dirancang oleh Sir Alec Issigonis dan pembalap insinyur John Cooper. Prototype dari Mini generasi pertama ini mengikuti balap Grand Prix Italia pada tahun 1959.

Baca Juga : Melihat Spesifikasi New MINI Cooper Clubman

Bicara soal mesin, generasi pertama Mini Cooper dibekali mesin berkapasitas 997cc empat silinder segaris. Mesin kecil ini kemudian dikawinkan dengan transmisi manual 4 percepatan. Tenaga yang disalyrkan dari roda depan ini adalah 55bhp pada 6.000rpm dan torsi maksimal sebesar 55 lb-ft pada 3.600rpm. Dengan mesin kecil ini, Mini Morris Mk1 bisa menempuh kecepatan hingga 141 km/jam. Akselerasi 0-96 km/jam membutuhkan waktu 18 detik.

Generasi pertama dari Mini Cooper ini merupakan ikon dari pop culture Inggris pada tahun 1960an. Desain dari mobil kecil ini menginspirasi para produsen mobil pada masanya. Hal ini dapat dilihat pada ukuran mesin yang kecil, dan penggerak roda depan. 80% dari bodi kendaraan digunakan sebagai ruangan bagi penumpang dan bagasi. Desain original dari generasi pertama ini bertahan sampai dengan tahun 1999. Pada tahun 2000, Merek Mini dibeli oleh BMW. Masa ini merupakan awal dari Mini Cooper dengan perubahan desain dari model originalnya.



Kembali ke atas