Melihat Spesifikasi dan Fitur Canggih Mercedes-Benz S-Class Terbaru

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 12 September 2020

Melihat Spesifikasi dan Fitur Canggih Mercedes-Benz S-Class Terbaru

momobil.id – Belum lama ini Mercedes-Benz S-Class generasi terbaru resmi menjalani debut globalnya usai diluncurkan secara live streaming. S-Class generasi terbaru hadir dengan kode bodi W223.

Mercedes-Benz S-Class kini hadir dengan dimensi lebih besar. Seperti dilansir kumparan, nuansa premium tetap jadi modal utama yang dihadirkan oleh Mercedes-Benz pada bagian luar S-Class terbaru. Berbeda dari sebelumnya yang punya bentuk sedikit membulat, kini S-Class justru terlihat lebih pipih dan tetap memberikan kesan eksklusivitas.

Satu hal yang tak terlalu mendapatkan banyak ubahan, yakni desain grille 3 garis beraksen krom, berpadu dengan lampu depan berteknologi canggih, yang hadir dengan bentuk lebih ramping. Pada bagian sampingnya, S-Class hadir dengan velg berukuran 21 inci model two spoke dengan palang 10. Hal unik lain yang dihadirkan pada mobil ini, yakni gagang pintunya yang dapat keluar dengan sendirinya manakala hendak dipegang.

Di bagian buritan, S-Class tampil dengan lampu berdesain lancip yang punya bentuk ramping. Tidak lupa pada bagian atapnya, Mercedes-Benz juga menyematkan panoramic sunroof yang berukuran cukup besar.

Ubahan paling signifikan yang dilakukan Mercedes-Benz terjadi di bagian dalam. Masih tetap mengedepankan kemewahan, S-Class kini hadir dengan bentuk dasbor baru yang tidak terlalu besar.

Tak hanya itu, bila sebelumnya S-Class dibekali dengan layar monitor kecil model floating di bagian dasbornya dengan berbagai tombol pengaturan kendaraan serta tombol pengaturan AC di bawahnya, kini semua itu menjadi satu kesatuan dalam sebuah layar monitor besar berukuran 12,8 inci di bagian konsol tengah.

Layar monitor OLED itu tidak hanya bisa dioperasikan melalui layar sentuh dan pengaturan pada setir saja, namun juga bisa melalui perintah suara ‘Hey Mercedes’. Untuk perangkat audionya, Mercedes-Benz kembali mengandalkan audio dari Burmester dengan 30 speaker yang tersebar di bagian dalam.

Pada layar instrumennya kini hadir dengan ukuran 12,3 inci yang punya bentuk tampilan baru. Kecanggihan yang ditawarkan layar monitor salah satunya, yakni bisa dilihat secara 3 dimensi dengan penggunaan kacamata khusus.

Seluruh layar yang ada di S-Class terbaru ini, termasuk dua layar di belakang yang berukuran 11,6 inci serta tablet 7 inci, sudah menggunakan sistem perangkat lunak terbaru dari MBUX yang diklaim semakin canggih dan kekinian.

Hadir dengan nuansa dashboard black piano dan abu-abu berpadu indah dengan warna jok dan doortrim cokelat yang membuatnya semakin terkesan premium. Tersemat juga ambient light di bagian dalam yang hadir dalam 250 pilihan warna dan dapat diatur secara otomatis atau manual. Selain bisa sebagai pencahayaan tambahan, ambient light terbaru dari S-Class ini rupanya juga bisa terintegrasi dengan berbagai fitur keselamatan.

Salah satunya, yakni fitur Active Blind Spot Assist. Cara kerjanya, apabila fitur tersebut mendeteksi ada kendaraan yang mendekat dari sisi kiri atau kanan, maka secara otomatis lampu ambient yang berada disisi tersebut akan menyala dengan warna merah dan berkedip.

S-Class juga dibenamkan fitur bantuan mengemudi otomatis level 4 yang mencakup Drive pilot terbaru, dan memungkinkan mobil bergerak sendiri pada situasi lalu lintas padat di jalan raya, dengan kecepatan maksimum 60 kilometer per jam. Kemampuannya tersebut didukung berbagai sensor canggih di seluruh bodi S-Class, yang terkoneksi dengan peta digital High Definition.

Meski mobil diklaim dapat bergerak sendiri secara aman, Mercedes-Benz tetap mengingatkan agar pengemudi tidak lengah dan selalu siap siaga di balik kemudi.
Selain fitur mengemudi, S-Class juga mendapatkan berbagai fitur keselamatan lainnya, seperti automatic emergency braking, adaptive cruise control with stop-and-go, active steering assist, lane-keep assist, lane-change assist, traffic sign recognition, front and rear cross-traffic alert, active blind-spot monitoring, dan pre-safe impulse control.

Baca juga: Apa Efeknya Sering Mencampur Bahan Bakar Beda Oktan?

Adapun S-Class terbaru dibekali dengan 6 pilihan mesin yang mencakup mesin bensin hybrid, diesel, dan plug-in hybrid. Pada mesin bensin hybrid-nya, tersedia 3 pilihan yaitu S450, S500, dan S580 4MATIC. Keduanya mengusung mesin yang sama, yakni 6 silinder turbocharger berkapasitas 3.0 liter yang ditunjang dengan dan motor listrik. Pada mesin S450 menjanjikan tenaga 362 dk, sedangkan S500nya menawarkan tenaga yang lebih besar 429 dk.

Sementara untuk S580 4MATIC dibekali mesin bensin V8 berkapasitas 4.0 liter twin-turbo. Mesin itu dikawinkan dengan sistem hybrid ringan berdaya 48 volt dan mampu menyemburkan tenaga 496 dk.

Lalu untuk mesin dieselnya, pabrikan menghadirkan 2 pilihan, S350d dan S400d. Terakhir untuk mesin S580e atau plug-in hybrid, belum bisa diungkap untuk saat ini, dikarenakan baru akan diperkenalkan pada beberapa bulan ke depan. Guna menunjang tenaga buasnya serta memberikan pengendalian dan kenyamanan yang jauh lebih baik, S-Class terbaru ini sudah dilengkapi dengan suspensi udara AIRMATIC dan Active Body Control.

Sumber gambar: Motor1.com



Kembali ke atas