Melihat Spesifikasi Mobil Formula E dan Daftar Pebalapnya

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

30 September 2019

Melihat Spesifikasi Mobil Formula E dan Daftar Pebalapnya

momobil.id – Para penggemar balap terutama balap mobil barangkali sudah tidak sabar menyaksikan Formula E yang akan diadakan di kawasan Monas pada Juni 2020 mendatang. By the way, mobil apa sih yang akan melintas di track balap Formula E musim yang akan datang? Yuk, kepoin spesifikasi mobil balap Formula E berikut!

Spesifikasi yang paling menonjol dari mobil balap Formula E adalah mesinnya yang menggunakan tenaga listrik. Dalam lima musim berlangsungnya Formula E, mobil balap dalam kompetisi ini menggunakan sasis dan rangkaian tenaga yang diproduksi oleh Spark Racing Techonolgy. Sedangkan Michelin dipercaya sebagai pemasok ban mobilnya.

Spark Renault SRT 01E dan SRT 05E (Gen2) merupakan sasis dan rangkaian tenaga yang cukup familiar digunakan untuk balap Formula E. Spark Renault SRT 01E digunakan pada empat musim pertama balapan ini, dan Gen2 baru digunakan pada musim kelima.

Spark Renault SRT 01E i memiliki daya 200 kW dengan kecepatan maksimum 225 km/jam, serta kecepatan akselerasinya 100 km/jam dalam waktu kurang lebih tiga detik.

Sementara Gen2 memiliki daya 250 kW dengan kecepatan maksimum 280 km/jam. Performa lebih baik dan kapasitas yang lebih besar ini menjadi alasan tidak perlu lagi adanya pit stop saat balapan berlangsung.

Dari segi dimensi, mobil balap Formula E memiliki panjang 5.160 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.050 mm dan jarak wheelbase 3.100 mm. Jika dibandingkan dengan mobil balap F1, mobil balap FE memang tidak lebih bertenaga. Selain itu, dimensinya juga lebih besar karena dibutuhkannya ruang lebih untuk menampung baterai. Karena ini pula, aspal yang digunakan untuk balap Formula E hanya aspal grade 3 yang pengerjaannya tidak sesulit aspal grade 1 untuk balap F1.

Tak hanya dari sisi mesin dan fisiknya, ternyata balap mobil Formula E hanya memproduksi kebisingan 80 dB dibandingkan dengan balap mobil F1 yang kebisingannya hingga 134 dB.

Nah, setelah mengetahui spesifikasi dari mobil balap Formula E, kepo gak sih siapa saja pebalap yang bakal beradu kecepatan di perlombaan ini? Berikut dua belas tim peserta Formula E beserta pebalapnya.

  1. Audi Sport ABT Schaefler (Daniel & Lucas)
  2. BMW i Andretti Motorsport (Max)
  3. DS Techeetah (António Félix & Jean-Éric )
  4. Envision Virgin Racing (Sam Bird & Robin Frijns)
  5. Geox Dragon (Brendon Hartley & Nico MÜller)
  6. Mahindra Racing ( Jérôme D’ambrosio & Pascal Wehrlein)
  7. Mercedes Benz EQ (Stoffel Vandoorne & Nyck De Vries)
  8. Nio Formula E Team (Oliver Turvey & Tom Dillmann)
  9. Nissan E.Dams (Sébastien Buemi & Oliver Rowland)
  10. Panasonic Jaguar Racing (Mitch Evans)
  11. Tag Heuer Porsche FE Team (Neel Jani & Andre Lotterer)
  12. Venturi Formula E Team (Felipe Massa & Adoardo Mortara)

Meski masih kalah pamor dengan ajang balap F1, balap FE diyakini akan terus berkembang seiring sedang digalakkannya penggunaan mobil listrik untuk lingkungan yang lebih baik.

Sumber gambar: P300

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas