Melihat Toyota Yaris GR, Mobil Tiga Silinder dengan Spesifikasi Balap

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 13 January 2020

Melihat Toyota Yaris GR, Mobil Tiga Silinder dengan Spesifikasi Balap

momobil.id – Belum lama ini Toyota Motor Corporation telah menunjukkan tampilan dan spesifikasi dari Yaris versi GR atau Gazoo Racing. Sebagai mobil yang didesain oleh Gazoo Racing, spesifikasi GR Yaris tentu bukan kaleng-kaleng lantaran Gazoo Racing merupakan divisi khusus yang dipercaya Toyota untuk membesut kendaraan berperforma tinggi khusus balap.

GR Yaris menggunakan mesin tiga silinder 1.6 liter yang mampu menyemburkan tenaga 257 Tk. Mobil ini bahkan bisa menyemburkan tenaga hingga 268 Tk untuk model JDM, dan memiliki torsi maksimum 360 Nm. Angka tersebut membuat GR Yaris disebut sebagai mobil tiga silinder yang paling buas di jalanan saat ini.

Toyota GR Yaris

Tenaga tersebut kemudian didistribusikan oleh transmisi manual enam percepatan ke kedua as roda. GR Yaris menggunakan penggerak all wheel drive (AWD) yang memungkinkan pembagian tenaga seratus persen ke roda depan atau belakang. Meski begitu, pengaturan tenaganya tidak seekstrem itu. Melalui 4WD dial switch, pengemudi bisa menentukan tiga karakter berkendara. Dalam kondisi normal, distribusi torsi enam puluh persen disalurkan ke depan. Mode Sport memprioritaskan poros belakang sebanyak tujuh puluh persen. Sedangkan bisa ingin menjajal sirkuit, pengemudi bisa memilih Track Mode dengan tenaga yang terbagi rata antara dua as roda.

Urusan pengaturan tenaga juga didukung bobot GR Yaris yang terbilang cukup ringan, yakni hanya 1.280 kilogram. GR Yaris juga diklaim mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 5,5 detik. Mobil ini akan mencapai puncaknya pada kecepatan 230 km/jam yang dibatasi secara elektronik. Untuk menghentikan kecepatannya, GR Yaris dibekali kaliper rem cakram empat piston berukuran 356mm.

Adapun untuk eksteriornya, GR Yaris tentu memiliki tampilan yang lebih agresif. Selain bagian bumper, bagian lain yang membuat GR Yaris berbeda dibanding versi standar yakni karena hanya memiliki dua pintu saja. Di bagian kaki-kaki, GR Yaris makin sporty setelah menggunakan velg 18 inci yang dibalut ban Michelin.

Baca Juga: Jangan Keseringan Buka dan Lipat Spion Elektrik Secara Manual, Ini Alasannya

Di Jepang, GR Yaris RZ First Edition dibanderol sekitar US$36.100 atau setara Rp494 jutaan. Sedangkan model RZ High Performance ditawarkan sekitar US$41.600 atau setara Rp569 jutaan. Versi RZ High Performance lebih mahal lantaran ada daftar peralatan yang lebih kaya dan penambahan roda alumunium BBS.



Kembali ke atas