Cara Sederhana Melindungi Mesin Mobil dari Kerusakan

Ditulis oleh : admin | 27 June 2018

Cara Sederhana Melindungi Mesin Mobil dari Kerusakan

Mesin Mobil| Kerusakan Mesin Mobil

“Lebih baik mencegah daripada mengobati.”

momobil.id – Meski terdengar sepele, tapi pepatah ini harus Anda pegang teguh jika Anda ingin melindungi mesin mobil Anda dari segala kerusakan yang tidak diinginkan. Ya, pasalnya masih banyak orang yang lalai terhadap kondisi mobil dan baru akan aware ketika bunyi mesin mulai terdengan aneh. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Berikut momobil.id rangkumkan cara sederhana dari berbagai sumber untuk melindungi mesin mobil Anda dari kerusakan.

Mengisi Tangki Bensin Sebelum Kosong

Tahukah Anda bahwa setiap bahan bakar memiliki kandungan sendimen yang bisa mengendap di bawah tangki bensin? Ya, semakin lama, endapan akan semakin menebal dan bila Anda memaksa mesin mobil Anda tetap on saat kondisi tangki kosong, maka kondisi mesin akan berpotensi rusak.

Mengganti Oli Secara Rutin Sesuai Kebutuhan

Oli berfungsi menjaga bagian-bagian mesin yang vital agar tetap terlumasi dan terlindung dari overheat saat mesin bekerja terlalu panas. Mengabaikan penggantian oli karena malas dapat menyebabkan mesin mengalami kerusakan permanen. Anda tidak mau hal ini terjadi, kan?

Selain itu, pastikan pula sistem pendingin, seperti radiator, thermostat, water pump, dan coolant di ruang mesin mobil juga berfungsi dengan baik, ya.

Mengganti Filter Udara Secara Rutin

Mesin juga membutuhkan aliran udara yang cukup, sama seperti manusia. Maka, Anda sebagai pemilik mobil harus memastikan tidak ada kotoran atau benda asing lain yang menempel pada filter mobil. Maka dari itu, Anda perlu mengeceknya secara rutin dan berkala.

Memerhatikan Indikator Check Engine

Anda bisa mengecek lampu check engine yang ada pada dashboard mobil. Bila indikator lampu ini menyala, maka Anda harus segera membawa mobil Anda ke bengkel agar sang ahli bisa mendeteksi anomali yang terjadi pada mesin mobil.

Memacu Kendaraan Secara Konstan

Kebiasaan buruk para pengendara saat membawa mobil di jalanan perkotaan adalah melakukan rem gas setiap kali bertemu kemacetan. Padahal, kondisi ini sangat tidak ramah untuk mobil dan malah membuat mesin mobil bekerja lebih berat.

Untuk meminimalisirnya, Anda sebaiknya berkendara dengan kecepatan yang relatif konstan agar mesin dapat bekerja dengan optimal.

Oleh : Dwi Septi

Foto : Istimewa

mobil terkait

Rp 190.000.000

Individu

BEKASI

Rp 206.000.000

Individu

BEKASI

Rp 247.000.000

Individu

BEKASI

Rp 260.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK

Rp 260.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas