Melirik Mobil MPV Jepang? Model yang Satu Ini Bisa Menjadi Pilihan

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 25 February 2020

Melirik Mobil MPV Jepang? Model yang Satu Ini Bisa Menjadi Pilihan

momobil.id – Compact MPV merupakan salah satu tipe mobil yang banyak digemari, khususnya di Indonesia. Selain memiliki ukuran yang cukup ringkas, compact MPV dapat memuat banyak penumpang. Nissan sebagai salah satu produsen mobil asal Jepang memiliki Nissan Livina sebagai mobil dalam kelas compact MPV. Generasi pertama Livina diluncurkan pada tahun 2006 di ajang Guangzhou International MotorShow. Mobil ini berbagi platform dengan Nissan Note yang terlebih dahulu meluncur. Di Indonesia sendiri, Livina diluncurkan pada tahun 2007.

Nissan Grand Livina Generasi Pertama

Generasi Pertama Nissan Livina di Indonesia memiliki 3 varian, yaitu Livina, Grand Livina, dan Livina X-Gear. Livina merupakan mobil 5 seater yang dapat digolongkan seperti hatchback. Versi crossover dari Livina adalah Livina X-Gear, dengan tambahan over-fender berwarna hitam, side body garnish, bumper sporty, dan roof rail. Grand Livina merupakan versi MPV 7 seater yang lebih panjang ketimbang Livina. Mobil ini memiliki 3 tipe, yaitu Tipe SV, XV, dan tipe tertinggi Highway Star. Untuk pilihan Mesin, Livina memiliki 2 tipe mesin. Mesin pertama adalah mesin berkapasitas 1.500 cc dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Mesin kedua adalah mesin berkapasitas 1.800cc dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Baca Juga : 4 Mobil Terbaru LMPV Yang Akan Jadi Incaran, Ketahui Faktanya!

Nissan Livina Major Facelift

Livina generasi pertama mengalami major facelift pada tahun 2012, dan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2013. Ubahan pada facelift ini cukup signifikan dengan fascia bagian depan dan belakang yang didesain ulang. Pada major facelift ini, Varian Livina 5 seater ditiadakan. Nissan hanya meluncurkan Grand Livina dan Grand Livina X-Gear dengan kapasitas 7 seater. Selain tampilan depan dan belakang yang berubah, Nissan menyematkan mesin baru pada Grand Livina ini. Kapasitas mesin tetap sama dengan generasi sebelum facelift, yaitu dengan mesin berkapasitas 1.500cc dan 1.800cc. Pada mesin 1.500cc, disematkan dual injector dan dual variable valve timing control (VTC) dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan XTronic CVT. Pada tahun 2019, Nissan meluncurkan Generasi Kedua Livina di Indonesia. Generasi kedua ini merupakan versi rebadge dari Mitsubishi Xpander dengan perubahan pada bagian grill depan, bumper depan, dan bagian belakang. Mobil ini memiliki 4 tipe, yaitu tipe E, EL, VE, dan tipe tertinggi yaitu VL.

Nissan Livina Generasi Kedua

Soal harga, Livina memiliki harga yang terjangkau dalam kelas compact MPV. Untuk harga mobil baru, Livina dibanderol dengan harga Rp 208,3juta – Rp 272,1juta. Bagi para calon pembeli yang ingin membeli mobil bekas, Livina memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 90jutaan (tahun 2010).

Sumber gambar : Wikipedia



Kembali ke atas