Memilih Mobil Bekas Bermesin DOHC

Tentang MesinMobil Bekas

DOHC adalah Double Over Head Camshaft, dimiliki oleh mobil-mobil terkini yang menggunakan injeksi. DOHC memiliki dua camshaft di head cylinder, yang masing-masingnya menggerakkan langsung dua katup, satunya mengatur katup bahan bakar dan satunya lagi mengatur keluarnya gas buang. Dengan jumlah klep dua buah ini, power yang dihasilkan otomatis lebih besar karena penyaluran bahan bakar ke mesin dan penyaluran gas buang lebih besar. Jika Anda tertarik membeli mobil bekas bermesin DOHC, yuk ketahui dulu keunggulan dan kekurangannya di bawah ini:

Akselerasi mesin lebih cepat

Teknologi pada mesin DOHC membuat kinerja mesin menjadi bergerak lebih cepat. Hal ini berkat katup-katup yang dapat membuka dan menutup bagian secara otomatis, sesuai dengan kondisi rpm. Pengaruh lainnya juga membuat mesin bernafas lebih leluasa dan bekerja efisien.

Suara lebih halus

Mesin DOHC mempunyai suara yang lebih halus karena masing-masing poros memiliki fungsi berbeda untuk mengatur klep masuk dan buang. Sistem buka tutup pada mesin DOHC menghilangkan peran rocker arm sehingga proses kerja mesin menjadi lebih presisi pada putaran tinggi.

Berukuran besar

Dengan memiliki 4 camshafts, mesin DOHC tentu memiliki ukuran sangat besar dan memakan lebih banyak tempat dalam ruang mesin di bawah kap mobil. Hal ini berpengaruh pada estetika mesin yang tampak memberikan kesan lebih “penuh”.

Biaya perawatan mahal

Banyaknya komponen yang diperlukan pada mesin DOHC membuat biaya perawatan dan penggantian suku cadangnya menjadi mahal. Meski ketersediaan suku cadangnya mudah ditemukan, namun harganya lumayan di atas rata-rata, apalagi tidak semua mekanik di Indonesia bisa dengan baik menyetel ulang mesin DOHC. Beruntungnya, mesin DOHC tidak perlu terlalu sering disetel ulang klepnya.

Singkatnya, saat putaran rendah mesin DOHC menghasilkan torsi lebih rendah karena efek dari beratnya mesin. Namun, beda halnya saat dalam kecepatan tinggi, mesin DOHC menunjukkan tajinya dengan menghasilkan torsi yang lebih baik. Beberapa mobil bekas bermesin DOHC yang masih menjadi favorit di pasar mobil bekas di antaranya, Toyota Great Corolla, Honda CRV 2.4, Daihatsu Luxio, Ford Fiesta, Mitsubishi Pajero Sport, dan Nissan March.

Oleh : Redaksi  momobil.id

Foto : iStock

Berita Terbaru

  • Tips Memilih Ban Mobil: Cara Membedakan Ban Vulkanisir dan Ban Suntikan
    • 17 Jan 2019
  • 5 Cara Mengemudi Mobil Saat Ban Meletus
    • 17 Jan 2019
  • Tips Agar Wiper Bekerja Maksimal Saat Berkendara di Musim Hujan
    • 16 Jan 2019
  • Tekanan Angin Ban yang Ideal di Waktu Hujan
    • 16 Jan 2019
  • Ini 4 Cara Mengemudi Mobil yang Baik Agar Rem Mobil Tahan Lama
    • 15 Jan 2019