Pilih Buat Gaya-gayaan atau Cari yang Nyaman? Ini Tips Memilih Profil Ban

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 25 December 2021

Pilih Buat Gaya-gayaan atau Cari yang Nyaman? Ini Tips Memilih Profil Ban

momobil.id – Ketika memilih ban mobil, profil ban termasuk hal yang perlu diperhatikan. Hal ini karena profil ban mobil ada yang rendah (tipis) dan ada yang tinggi. Beberapa pengendara mobil mungkin ada yang belum terlalu memahami bagaimana memilih profil ban yang tepat sesuai mobilnya.

Umumnya ban dengan profil tinggi digunakan pada mobil jenis SUV dan MPV. Sedangkan model sedan banyak menggunakan ban dengan profil tipis. Profil ban mobil tipis atau tinggi dapat dilihat pada ukuran yang terdapat di dinding ban. Misalnya ban berukuran 175/65 R14. Angka 65 menandakan tinggi ban dalam satuan persen dari telapak ban. Tinggi yang dimaksud mulai dari bibir pelek sampai telapak ban menempel ke permukaan aspal.

Semakin kecil angkanya, misalnya 55, maka jarak telapak ban dengan bibir pelek semakin dekat. Meskipun ada juga SUV yang pakai ban profil tipis atau sedan yang pakai profil tinggi. Menurut On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, pada umumnya ban dengan profil atau aspect ratio rendah mengharapkan dapat stabilitas dan handling yang lebih baik.

“Sebab ban dengan aspect ratio rendah, misalnya 60, 55, 50, dan seterusnya lebih responsif dibanding seri tinggi misalnya 70,80,” ujar Zulpata seperti dilansir Kompas.com.

Baca juga: Aki Mobil Mesin Bensin dan Diesel Beda Spesifikasi, Ini Jadinya Jika Tertukar

Zulpata menambahkan, untuk profil ban yang tinggi, misal 70 atau 80, yang diharapkan lebih nyaman. Sebab, dinding samping ban lebih besar defleksinya dibanding ban dengan profil yang tipis atau aspect ratio rendah. “Sebagian ada juga untuk show saja, karena ban yang terlalu rendah profilnya dengan lebar sekali untuk dipakai harian kurang nyaman juga, kecuali buat geber-geberan,” kata Zulpata. Zulpata mengatakan, secara umum, profil ban rendah lebih unggul pada stabilitas. Sedangkan ban dengan profil tinggi, lebih ke arah kenyamanan.

Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, penggunaan ban dengan profil tipis atau tinggi, kembali kepada desain mobilnya. “Umumnya, tipe yang tertinggi menggunakan ukuran pelek yang lebih besar dan menggunakan ban tipis dibanding tipe di bawahnya. Tapi, secara diameter totalnya sama,” ujar Didi.

Didi menambahkan, untuk ban yang profilnya tinggi lebih empuk, tapi kurang di handling. Sebaliknya ban dengan profil tipis, handling lebih baik, tapi bannya kurang empuk.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas