Memilih Waktu Mudik yang Tepat agar Terhindar Macet

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 15 April 2023

Memilih Waktu Mudik yang Tepat agar Terhindar Macet

momobil.id – Mudik merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat muslim untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga. Bagi pemudik yang menggunakan jalur darat, kemacetan tentunya bisa terjadi di tengah perjalanan. Agar terhindar dari kemacetan, berikut tips memilih waktu keberangkatan mudik yang tepat.

1. Memantau Informasi Soal Arus Mudik

Sebelum melakukan perjalanan mudik, cari tahu kabar mengenai puncak arus mudik yang akan datang. Informasi bisa didapatkan lewat televisi atau media seputar mudik Lebaran.

Hindari waktu keberangkatan H-2 atau H-3 sebelum Hari Raya Idul Fitri. Biasanya volume kendaraan akan meningkat berkali lipat dan menimbulkan kemacetan. Disarankan untuk melakukan perjalanan 4 hari sebelum Lebaran agar terhindar dari kemacetan.

2. Perhatikan Jam Keberangkatan

Agar terhindar dari kemacetan yang panjang, pemudik harus memperhatikan jam keberangkatan yang tepat. Pada umumnya, jalanan akan lebih ramai ketika siang dan sore hari. Pemudik bisa memulai perjalanan ketika pagi hari atau malam hari agar kondisi jalanan lebih lenggang.

Bagi pengemudi yang melakukan perjalanan di malam hari, kondisi tubuh tentunya akan lebih mudah lelah. Sebelum berangkat mudik, disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu. Ada baiknya untuk menyiapkan siklus istirahat dan aktivitas sebelum keberangkatan.

3. Pantau Lalu Lintas Menggunakan Aplikasi

Salah satu cara untuk memilih waktu keberangkatan mudik adalah dengan memantau lalu lintas. Periksalah kondisi lalu lintas jalur yang akan dilalui secara berkala menggunakan aplikasi. Aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek keadaan lalu lintas adalah Google Maps dan Waze.

Pemudik tentu bisa terhindar dari kemacetan panjang karena sudah mendapatkan informasi mengenai keadaan lalu lintas. Di saat itu pula, pemudik bisa langsung mencari jalur alternatif yang lebih lancar.

Baca Juga: Simak 11 Tips Mengemudi di Malam Hari saat Mudik

4. Berangkat saat Malam Takbiran

Apabila pemudik tidak ingin berangkat lebih awal, memulai perjalanan saat malam takbiran bisa menjadi alternatif. Jalanan tentu lebih lenggang karena mayoritas pemudik lain sudah berkumpul bersama keluarganya di kampung halaman.

5. Berangkat Sebelum atau Setelah Arus Mudik Memuncak

Salah satu tips yang bisa dilakukan saat memilih waktu mudik yang tepat adalah waktu sebelum atau sesudah datangnya arus mudik. Bagi pemudik yang memiliki waktu fleksibel, berangkat sebelum datangnya arus mudik bisa menjadi keuntungan. Jalanan akan lebih sepi, dan waktu yang dihabiskan bersama keluarga tentu akan lebih lama. Bagi para pemudik yang memiliki waktu libur yang cukup, berangkat saat arus balik dimulai juga bisa menjadi alternatif agar terhindar dari kemacetan.

6. Perhatikan Kondisi Cuaca

Sebelum melakukan keberangkatan, ada baiknya untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca. Pemudik disarankan untuk melakukan keberangkatan saat cuaca cerah agar visibilitas lebih jelas dan aman. Selain itu, perhatikan juga peringatan cuaca dari otoritas setempat.

mobil terkait

Rp 122.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 205.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas