Canggih Bak Helm Iron Man! Menengok Penerapan Teknologi AR di Volkswagen ID.3

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

14 Oct 2019

momobil.id - Pernah mendengar istilah augmented reality (AR)? Jika kamu pecinta film superhero seperti Avengers, helm milik Iron Man adalah contoh teknologi augmented reality yang menggabungkan visual digital dengan lingkungan nyata. Teknologi canggih ini pun sudah diadopsi oleh Volkswagen untuk mobil listrik barunya, ID.3.

volkswagen id.3
volkswagen id.3

AR yang terproyeksi pada kaca dashboard Volkswagen ID.3 kurang lebih memuat informasi yang sama dengan layar instrumen kemudi, hanya saja tampilannya lebih terlihat nyata. Volkswagen pun mengklaim ID.3 termasuk mobil yang human friendly. Selain adanya fitur AR, terdapat pula fitur Welcome Light dan Intelligent ID. Light Concept.

Welcome Light ID.3 kurang lebih mirip dengan fitur Welcoming Light milik Peugeot 3000 yang terletak pada headlamp dan bagian bawah spion. Fitur ini akan bekerja saat pengemudi akan memasuki mobil untuk berkendara. Lampu akan menyala dan memproyeksikan lingkaran cahaya pada aspal dan fitur ini hanya dapat terlihat di tempat gelap, seperti basement atau garasi mobil.

Baca Juga: Cara mengetahui tingkat kerusakan baret mobil menggunakan kuku jemari

Selain berkomunikasi dengan Welcome Light, ID.3 juga dapat berkomunikasi dengan pemiliknya melalui strip LED yang terpasang di bagian kokpit. Saat pengemudi mulai duduk, lampu ID akan memberi sinyal kepada pengemudi yang mengisyaratkan bahwa kendaraan telah aktif dan sudah terkunci atau belum terkunci.

Lampu ID juga terhubung dengan sistem navigasi. Misalnya saat lampunya berkedip, pengemudi disarankan untuk mengganti jalur karena kondisi lalu lintas sedang macet atau sebagai isyarat bahwa Anda mengambil jalur yang salah.

Selain dengan isyarat kedipan lampu, terdapat pula fitur voice control dimana pengguna hanya perlu mengatakan "Hello ID" untuk mengoperasikan beberapa fitur yang ada di dalam mobil.

Sumber gambar: Topgear

  • Featured Article
  • volkswagen
  • mobil listrik
  • volkswagen ID.3
  • ID.3
  • augmented reality

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PADANG

2014
Manual

145 juta

PADANG

2015
Manual

125 juta

JAKARTA UTARA

2013
Manual

128 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More