Menengok Spesifikasi The Beast, Mobil Dinas Presiden AS Donald Trump

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 12 July 2020

Menengok Spesifikasi The Beast, Mobil Dinas Presiden AS Donald Trump

momobil.id – Apakah mobil ini antipeluru? Jawabannya tentu saja, dan hal itu tak mengherankan mengingat Cadillac One merupakan mobil kepresidenan yang digunakan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Selain antipeluru, mobil berjuluk The Beast ini juga ditanamkan berbagai fitur canggih.

Mobil Cadillac One itu digarap oleh General Motors dengan spesifikasi khusus demi melindungi orang nomor satu di AS tersebut. Ketika iring-iringan Presiden AS melintas, ada dua The Beast yang bentuknya sangat identik serta beberapa mobil keamanan lain mengikuti.

Mobil juga selalu dibawa ke mana pun sang Presiden pergi demi menjamin keamanannya. Jika diperhatikan dalam beberapa kunjungannya ke beberapa negara, bahkan saat menyambangi benua Asia sekalipun The Beast tak pernah absen menemani.

Lalu apa istimewanya The Beast? Seperti dilansir Detik.com, mobil yang ditumpangi Donald Trump ini diketahui memiliki bobot sekitar sembilan ton. Bodinya dilapisi baja antipeluru, begitu pula dengan jendelanya. Tak semua jendela bisa dibuka dengan alasan keamanan. Jendela mobil The Beast yang bisa dibuka hanya pada bagian sopir yakni setinggi tiga inci.

The Beast juga menggunakan ban berukuran besar yang biasanya terpasang pada truk berukuran medium hingga besar. Bannya juga dibekali dengan kevlar serta baja sehingga durabilitasnya cukup kuat ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Bahkan jika bocor sekalipun, mobil masih bisa terus berjalan. Uniknya pintu The Beast tak memiliki lubang kunci. Membukanya pun dibutuhkan tenaga ekstra karena cukup tebal yakni mencapai delapan inci. Di dalamnya juga sudah terpasang peralatan elektronik ekstra canggih. Misalnya peluncur gas granat, kamera dengan penglihatan night vision, serta telepon satelit.

Baca juga: Supaya Tidak Getas, Simak Tips Cara Merawat Ban Serep

Pengawal Presiden pun cukup lengkap. Mulai dari polisi di depan, Secret Service, dokter, pasukan pengontrol elektronik, pasukan bagian kontrol, pasukan penyerang, pasukan intelijen, mobil yang membawa material khusus, dua mobil wartawan, mobil satelit, ambulans, dan pengawal polisi di bagian belakang. Jumlah para pengawal itu juga bervariasi sesuai dengan kebutuhannya.

Mobil disebut bisa mengangkut tujuh penumpang di dalamnya. The Beast diperkirakan memiliki harga mencapai US$1,5 juta atau sekitar Rp21,6 miliar.

Sumber gambar: Business Insider


Kembali ke atas