Mengapa Mobil Jenis Jip Identik dengan Penjahat?

Ditulis oleh : admin

30 Jul 2019

momobil.id - Sekitar tahun 80 hingga 90an, entah mengapa mobil Jip sering digunakan menjadi kendaraan dari aktor yang berperan sebagai penculik atau penjahat di film atau sinetron Indonesia. Contohnya adalah salah satu sinetron pada tahun 90an, Deru Debu. Di sinetron ini, pemeran yang berakting sebagai penjahat menggunakan beberapa jenis Jip. Hal ini yang membuat anak era 90an parno dan ketakutan setengah mati ketika berpapasan dengan Jip di jalanan, apalagi ketika sendirian sepulang sekolah. 

Padahal, umumnya mobil Jip digunakan untuk menarik genset yang digunakan kru film atau sinetron karena mobil Jip biasanya memiliki performa yang baik. Tetapi untuk menghemat bujet, akhirnya mobil tersebut juga yang sering digunakan untuk kendaraan adegan penculikan atau adegan saat sedang melakukan kejahatan.

Salah satu jenis Jip paling terkenal di Indonesia sebagai mobil penculik dan penjahat adalah Toyota Land Cruiser FJ40. Alasannya tak lain karena tipe ini yang paling sering menghiasi adegan penculikan dan kejahatan di film atau sinetron Indonesia. Namun selain Toyota Land Cruiser FJ40, ada beberapa jenis Jip lain yang serupa dengan Land Cruiser FJ40. Berikut beberapa tipe Jip yang serupa dengan Toyota Land Cruiser sehingga sering disangka kendaraan penculik dan penjahat:

Jeep

Jeep merupakan perusahaan otomotif Amerika yang didirikan pada 1941. Kemudian pada tahun 1987, Jeep diakuisisi dan akhirnya bergabung menjadi bagian  Fiat Chrysler Automobiles. Istilah Jeep sendiri berawal dari bahasa slang  yang digunakan militer Amerika pada era perang dunia I, yang berarti kendaraan baru. Lalu, pada perang dunia II akhirnya benar-benar diproduksi dan menjadi  kendaraan yang umum digunakan tentara Amerika dan sekutu selama perang dunia II. Tipe pertama Jeep dinamai Willys Quad, yang hanya diproduksi menjadi dua prototype. Kemudian tipe selanjutnya  adalah Willys MA. Willys MA memiliki beberapa keunggulan dari tipe sebelumnya, Willys Quad. Hal-hal yang ditingkatkat dari seri sebelumnya yaitu handbreak, roda satuan, pegangan pintu mobil, dan lain-lain. Beberapa jenis Jeep sendiri muncul dalam salah satu serial tv asal Amerika, MacGyver.

Suzuki Jimny

Pada tahun 1958 Suzuki membeli desain mobil dari perusahaan otomotif Jepang, Hope Motor Company, dan meluncurkan mobil dengan nama HopeStar ON360 pada April 1968. Mobil inilah yang menjadi cikal bakal Suzuki Jimny. Kemudian, di tahun 1970 Suzuki meluncurkan Jimny untuk pasar global. Peluncuran awal Suzuki Jimny era pertama berjalan sukses, dan mendapatkan banyak apresiasi dan menjadi trademark di pasar dunia otomotif.  

Tipe pertama yang diluncurkan pada 1970 adalah LJ10. Selanjutnya pada 1972, Suzuki meningkatkan kapasitas mesin pada LJ10, kemudian tipe ini dinamai LJ20.  Walau sudah 40 tahun lebih sejak diluncurkan, Suzuki Jimny tetap memiliki banyak penggemar di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan munculnya Suzuki Jimny generasi keempat di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang.

Suzuki Katana

Suzuki Katana sendiri merupakan versi downgrade dari Suzuki Jimny. Karena Suzuki Jimny pada eranya menggunakan empat penggerak roda (4WD), sementara kebijakan pemerintah Indonesia di tahun 80-90an menaikkan pajak untuk mobil yang menggunakan 4WD. Sehingga diluncurkan Suzuki Katana di Indonesia dengan dua roda penggerak (2WD) untuk menjangkau pasar lebih luas. Pada masa itu, Suzuki Katana ini tidak cuma dirakit oleh PT Suzuki Indomobil Motor. Ada beberapa perusahaan karoseri yang diberi hak untuk merakit Suzuki Katana sendiri. Ini tak lepas dari suburnya industri karoseri di Indonesia pada periode 1970-an sampai 1980-an. 

Daihatsu Taft

Taft dirancang oleh Daihatsu sekitar tahun 1974 dan 1984. Nama Taft sendiri merupakan akronim dari Tough and Almighty Four-wheel Touring Vehicle. Tipe pertama Taft adalah F10 model diluncurkan tahun 1974. F10 dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.0 L (958 cc). Berikutnya di tahun 1977,  F10 digantikan oleh F20 dengan kapasitas mesin yang lebih besar, yakni 1.6 L. Diluar dunia film dan sinetron, Daihatsu Taft sering digunakan beberapa instansi pemerintah seperti TNI, Departemen Pertanian dan beberapa BUMN. Pada tahun 1979, Taft F10 berakhir masa edarnya di Indonesia, digantikan oleh Taft F50 bermesin diesel. Tak ada perubahan mesin antara Taft F10 dan Taft F50, hanya ada perubahan detail eksterior dan interior.

Toyota Land Cruiser FJ40

Pada awalnya, pemerintah Jepang pada era tersebut memerintahkan pabrikan Toyota untuk merancang kendaraan yang serupa dengan Jeep Amerika. Tahun 1942, Toyota merancang AK10 sebagai prototype pertama. Prototype berikutnya dirancang pada 1951, sesuai permintaan militer untuk kendaraan militer Jepang,  Nama Land Cruiser sendiri diambil dari Land Rover, jenis mobil dari Inggris. Sejak permintaan militer Jepang tersebut, maka lahirlah Toyota Land Cruiser tahun 1951.

Toyota Land Cruiser sering disalahartikan sebagai kendaraan penjahat dan penculik tahun 90an karena sering muncul di film maupun sinetron Indonesia. Meski begitu, sampai sekarang masih banyak pengguna Toyota Land Cruiser di Indonesia. Contohnya di kawasan Bromo Jawa Timur, Toyota Land Cruiser sering disewakan oleh masyarakat sekitar untuk mengelilingi kawasan Bromo. Toyota Land Cruiser disukai masyarakat sekitar karena mesinnya yang bandel dan mampu menempuh medan Bromo yang berat.

Baca Juga: Fakta menarik seputar GR Supra, mobil sport Toyota yang dirakit BMW

Sebagai informasi, selain digunakan sebagai mobil penjahat atau penculik, mobil jenis Jip juga pernah beberapa kali digunakan sebagai kendaraan tokoh protagonis. Contohnya dalam film Chips yang dirilis tahun 1982. Film bergenre komedi ini dibintangi oleh Dono, Kasino, Indro atau lebih dikenal sebagai trio Warkop DKI. Di film tersebut, Toyota FJ40 berfungsi sebagai kendaraan yang digunakan Dono untuk patroli. Jadi tak perlu merasa ketakutan ketika berpapasan dengan mobil Jip di jalanan ya guys!

Penulis: Syah Rezi Tungga Dewi

Editor: Danang Setiaji

Sumber gambar: Hagerty

  • Auto Lifestyle (Display)

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA BARAT

2013
Manual

92 juta

JAKARTA BARAT

2014
Otomatis

178 juta

JAKARTA BARAT

2015
Manual

178 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More