Mengapa Mobil Tidak Bisa Distarter? Ini Dia Jawabannya

Ditulis oleh : admin | 3 January 2017

Mengapa Mobil Tidak Bisa Distarter? Ini Dia Jawabannya

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang cukup dibutuhkan oleh orang yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Agar dapat terus digunakan, perawatan kendaraan roda empat ini tidak boleh terlewat. Mulai dari perawatan ringan hingga perawatan berat harus dilakukan secara rutin agar tidak mengganggu aktivitas harian Anda. Namun, seringkali kita menemukan masalah yang cukup menjengkelkan walau mobil sudah dengan rutin dirawat, yaitu mobil tidak bisa distarter. Walau terdengar sepele dan bukan masalah besar, ternyata ini merupakan hal yang sangat mengganggu dan bisa-bisa karena hal ini rencana bisa jadi berantakan.

Mobil tidak bisa distarter
Source: otomotifnet.com

Apa saja sih sebenarnya faktor yang membuat mobil tidak bisa distarter? Yuk baca daftar di bawa untuk mengetahui apa saja yang harus diperiksa ketika mobil tidak bisa distarter.

Aki Mobil Soak

Source: tstatic.net

Aki soak bisa disebabkan beberapa hal seperti air aki habis, lampu mobil dihidupkan secara terus menerus, dan dinamo amper tidak berfungsi. Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika mobil tidak bisa distarter adalah mengecek kondisi air aki. Air aki merupakan hal yang krusial, karena merupakan komponen penting untuk membuat mobil bisa distarter. Bila habis, Anda bisa menghubungi jasa antar aki terdekat untuk mengganti aki bila aki yang Anda gunakan aki kering atau meminta tolong teman untuk menyetrum aki agar kembali terisi dayanya. Agar kejadian ini tidak terjadi lagi dikemudian hari, selalu cek kondisi aki secara rutin.

Cek Kondisi Dinamo Stater

Source: blogspot.com

Bila keadaan aki mobil Anda baik-baik saja, hal kedua yang bisa Anda lakukan adalah mengecek keadaan dinamo stater dengan memperhatikan suara yang dihasilkan saat menyalakan mobil. Apabila suara dinamo seperti tek-tek-tek maka ada kemungkinan dinamo starter mobil Anda sudah melemah. Bila hal ini yang terjadi maka Anda harus membawa mobil ke bengkel untuk dapat mengganti dinamo starter dengan yang baru.

Dinamo Amper Lemah

Source: astra.co.id

Hal ini bisa Anda lihat dari light meter pada dashboard di gambar aki yang terus menerus menyala. Kondisi ini menandakan bahwa aki tidak mengisi dinamo starter karena dinamo amper tidak bekerja dengan baik. Sama seperti poin kedua, mobil Anda harus segera diservice dan diganti dinamo ampernya agar mobil dapat kembali distarter.

Aliran Listrik Terhambat

Source: astra.co.id

Untuk melihat hal ini memang harus membongkar dashboard dan melihat langsung keadaan socket listrik di bawah starter. Kondisi socket listrik yang kotor dapat menyebabkan listrik terhambat dan mobil tidak bisa distarter. Untuk itu, selalu membersihkan dan mengganti socket ketika sudah waktunya.

Bensin Habis

Source: kidsklik.com

Tanpa bahan bakar, maka sistem perapian mesin pun tidak akan bekerja dengan baik. Selalu cek keadaan besin pada indikator bensin dan jangan pernah mengisi bensin saat di titik merah untuk menghindari masalah ini.

Karburator Rusak

Source: blogspot.com

Hal terakhir yang bisa Anda cek adalah karburator. Bila Anda bingung untuk mengecek bagian ini ada baiknya memanggil montir atau langsung membawa mobil Anda ke bengkel untuk penanganan yang lebih lanjut.

Berikut penyebab mobil tidak bisa distarter. Dengan adanya informasi ini, tentu Anda tahu apa yang salah dengan starter mobil Anda. Dengan mengetahui info tersebut, Anda bisa memperbaikinya langsung di bengkel dan dengan cepat bisa tahu alasan utama mengapa starter mobil selalu mapet saat dinyalakan.

mobil terkait

Rp 245.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 140.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 175.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 303.000.000

Individu

DEPOK

Rp 305.000.000

Individu

DEPOK

Rp 155.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas