3 Cara Mengatasi Ban Mobil Benjol

Ditulis oleh : redaksi | 10 September 2018

3 Cara Mengatasi Ban Mobil Benjol

Ban Mobil Benjol | Berita Otomotif Terbaru

 

momobil.id – Ban bocor dan kurang angin memang menjadi masalah kecil yang kerap dialami oleh pengendara mobil, tidak terkecuali Anda. Namun, selain masalah tersebut, ada pula masalah ban mobil benjol yang juga butuh ditangani karena ban merupakan faktor pokok penentu performa mobil selain mesin.

 

Jika ban mobil benjol, maka akan sulit bagi Anda untuk bisa berkendara dengan nyaman di jalanan. Sebab, ban yang benjol akan membuat perjalanan Anda penuh goncangan dan getaran meskipun sebenarnya aspal jalan sudah mulus.

 

Ada beberapa sebab yang menyebabkan permukaan ban mobil benjol, seperti tekanan udara yang berlebihan, masuknya udara di antara dua lapisan pembentuk ban, terjadi proses deformasi pada ban, mobil yang terlalu sering melewati jalan berbatu, hingga masalah pada suspensi mobil yang terlalu keras dan mati.

 

Tapi tenang, Anda bisa mengatasi masalah ban mobil benjol dengan cara ini.

 

Cek Ban Mobil Benjol

 

Anda bisa segera mendongrak ban mobil hingga ban terangkat kira-kira setengah centimeter. Kemudian, ganjal persilangannya. Setelah itu, lepaskan rem tangan yang menahan roda supaya ban bisa berputar.

 

Setelah lepas, coba putar roda ban mobil, lalu Anda bisa memeriksa di ketinggian setengah centimeter apakah ada bagian yang tersangkut pada tanah. Jika memang ada, ini artinya ban mobil Anda sedang benjol atau tidak rata.

 

Lakukan Perbaikan Sementara

 

Salah satu perbaikan sementara untuk ban mobil benjol adalah dengan melakukan penambalan. Tapi, Anda harus ingat bahwa cara ini hanya sementara dan memang digunakan untuk kondisi darurat saja. Anda bisa menggunakan beberapa alat, seperti obeng kecil dan kompresor.

 

Anda bisa memulai dengan mencari titik mana yang mengalami benjol, lalu tusuk dengan obeng kecil milik Anda dari bagian samping. Lakukan dengan hati-hati agar tusukan tidak menusuk ban dalam. Coba amati, akan ada suara udara yang keluar. Kosongkan udara pada ban segera, lalu isi ban dengan kompresor.

 

Pilih Tipe Ban Sesuai dengan Spesifikasi Mobil

 

Sebetulnya, cara memperbaiki ban mobil tahap pertama adalah dengan memilih dan membeli ban mobil yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Biasanya, di plakat pintu atau laci mobil terdapat informasi mengenai ban mobil, seperti kode LT untuk light truck, ST untuk special trailer, T untuk ban serep, R untuk radial dan P untuk penumpang.

 

Selain harus sesuai dengan spesifikasi, ban mobil juga harus Anda sesuaikan dengan velg ban. Untuk ukuran ban sendiri biasanya bisa Anda temukan di angka belakang huruf R yang ada di plakat.

 

Oleh: Dwi Septi

 

Foto: Istimewa


Kembali ke atas