Mengenal Ajang Balap Mobil Listrik Formula E yang Segera Hadir di Jakarta

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

25 Sep 2019

momobil.id - Setelah melalui serangkaian diskusi, akhirnya Jakarta dipilih menjadi tuan rumah untuk diselenggarakannya Formula E Juni 2020 mendatang oleh Federation International Automobile (FIA). Kabar ini secara resmi disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui akun media sosialnya. Agar lebih meriah, Anies juga mengadakan konvoi mobil mulai dari GBK hingga Monas pada 20 September 2019 lalu bersama pebalap Formula 2 dan Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai teknis balap mobil ini, sebenarnya apa sih Formula E itu? Bagi kamu yang belum begitu familiar mendengar ajang balap mobil ini, momobil sudah merangkum informasi seputar Formula E yang sayang jika kamulewatkan. Berikut informasi selengkapnya!

Sejarah Formula E

Berbeda dengan Formula 1 (F1), Formula E merupakan ajang balapan mobil listrik (E: Electric). Ajang ini digagas pertama kali pada tahun 2012, namun baru secara resmi diselenggarakan pada tahun 2014 di Beijing, China.

Seperti dilansir GridOto, ide dibuatnya Formula E berawal dari kegiatan mencoret-coret tisu restoran di Paris. Tisu tersebut milik Jean Todt, Presiden FIA yang menginginkan diadakannya balap Formula berbasis listrik untuk mempromosikan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Tak sendiri, Todt menyelenggarakan Formula E bersama Alejandro Agag, pebisnis asal Spanyol. Dalam perjalanannya Formula E juga sempat diremehkan banyak orang karena berbagai alasan. Seperti line-up pebalapnya yang merupakan 'buangan' dari pebalap Formula 1.

Selain itu, diperhitungkannya partisipasi fans (fanboost) dalam penentuan skor pebalap juga menjadi faktor Formula E tidak begitu dianggap sebagai ajang balap yang valid. Seiring berjalannya waktu, kini banyak pabrikan mobil yang mulai melirik Formula E untuk menjadi wadah mereka melakukan uji coba, research dan image branding. Disamping itu, mindset masyarakat juga perlahan-lahan mulai bergeser hingga minat akan mobil listrik juga semakin meningkat.

Dilandasi oleh faktor tersebut, Formula E kini menjadi ajang balap yang tidak kalah bergengsi diantara ajang balap besar lainnya seperti F1 atau MotoGP. Bahkan, Formula E juga berpotensi untuk mendominasi dunia motosport masa depan.

Formula E di Jakarta lima tahun berturut-turut

Setelah sukses mengadakan di berbagai negara dan kota selama lima tahun berturut-turut, akhirnya Jakarta terpilih oleh FIA untuk menjadi tuan rumah di musim berikutnya. Tak tanggung-tanggung, Jakarta akan menjadi tuan rumah hingga lima tahun ke depan.

FIA mengungkapkan Jakarta dipilih menjadi tuan rumah Formula E karena adanya kesamaan tujuan, yaitu membuat lingkungan lebih baik dan balap mobil listrik ini menjadi media kampanyenya.

Tidak hanya itu, Anies Baswedan juga menambahkan dengan adanya Formula E di Jakarta maka akan berpotensi mengembangkan sektor ekonomi dan wisata. Infrastruktur yang dibangun untuk Formula E juga merupakan bentuk investasi, meskipun hasilnya baru bisa dirasakan sekitar empat tahun kemudian.

"Kalau hanya sekali, kita tidak punya kesempatan untuk mengembangkan investasi ini," jelas Anies.

Lantas, di mana lintasannya?

Belum ada informasi detail yang menjawab pertanyaan tersebut. Namun yang pasti, lintasan Formula E akan diadakan sebagian di kawasan Monas dan sebagian lainnya di jalan raya dengan track sepanjang 2,3-3 kilometer dan ditargetkan rampung proyeknya pada bulan April 2020.

Pelaksanaan Formula E dikabarkan akan mengubah sedikit kondisi lalu-lintas sekitar di hari libur. Anies Baswedan memastikan perubahan lalu-lintas sebisa mungkin diminimalisir agar tidak mengganggu aktivitas berkendara warga.

Sumber gambar: arabian business

  • Editor's Choice
  • balap mobil
  • formula e
  • formula e jakarta
  • eprix

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PADANG

2014
Manual

145 juta

PADANG

2015
Manual

125 juta

JAKARTA UTARA

2013
Manual

128 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More