Mengenal Apa Itu Torsi dan Fungsinya Pada Kendaraan Bermotor

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 18 December 2020

Mengenal Apa Itu Torsi dan Fungsinya Pada Kendaraan Bermotor

momobil.id – Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, pasti kita akan membaca atau mencari tau mengenai spesifikasi mobil yang ingin kita beli. Saat membaca spesifikasi mobil, Sahabat Momo pasti akan menemukan istilah torsi mesin. Lalu apa itu torsi? Simak artikel berikut agar Sahabat Momo mengenal apa itu torsi.

Pada spesifikasi mobil, biasanya terdapat data torsi yang disajikan dalam satuan Newtonmeter (Nm) atau Kilogrammeter (Kgm). Secara harfiah, torsi berarti gaya dorong yang diproduksi mesin atau ringkasnya kemampuan mesin mobil dalam berakselerasi.

Torsi berbeda dengan tenaga mobil yang dihitung dalam satuan horsepower (hp), brake horsepower (bhp), pferdestarke (ps), kilowatt (kW), dan cevaux vapeur (vp). Torsi lebih berfokus dalam hal akselerasi, sedangkan tenaga berhubungan dengan kecepatan. Umumnya, perubahan kecepatan yang terjadi dipengaruhi oleh besar kecilnya torsi yang dihasilkan.

Baca juga: Membedakan Torsi dan Tenaga dari Cara Mengemudi Mobil

Walaupun demikian, peran torsi dan tenaga tidak dapat dipisahkan. Semakin besar tenaga suatu mobil, maka semakin singkat waktu akselerasi untuk mencapai titik maksimum.

Transmisi mobil bisa mempengaruhi perbedaan torsi. Mobil bertransmisi otomatis seperti CVT biasanya rasio pengaturan gigi terbilang konstan. Bisa dikatakan juga kemampuan berakselerasi mobil matik lebih cepat dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Kombinasi perbandingan gigi rasio dan tenaga mesin yang lebih galak dapat membuat akselerasi mobil semakin cepat.

Jika Sahabat Momo ingin merasakan mobil yang memiliki daya maksimum, maka dibutuhkan torsi yang maksimum juga. Kedua bagian ini saling berkesinambungan. Tanpa kinerja torsi yang maksimal, keinginan Sahabat Momo untuk merasakan daya maksimum juga tidak akan tercapai.

Bagaimana? Sudah lebih mengenal apa itu torsi kan dengan penjelasan di atas?


Kembali ke atas