Mengenal Arti Inisial CX pada Mobil SUV Mazda

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 27 July 2023

Mengenal Arti Inisial CX pada Mobil SUV Mazda

momobil.id – Mazda merupakan salah satu nama produsen otomotif roda empat yang cukup dikenal oleh masyarakat. Pabrikan asal Jepang ini menjual berbagai model mobil, salah satunya model SUV. Setiap SUV Mazda memiliki inisial CX pada bagian depan namanya. Lantas, apa sebenarnya arti dari CX pada mobil SUV Mazda?

Jika diperhatikan, mobil SUV atau crossover Mazda yang dijual di Indonesia banyak yang menggunakan inisial CX. Terdapat beberapa model SUV Mazda yang menggunakan inisial CX. Diantaranya, CX-3, CX-30, CX-5, CX-8, dan CX-9

Inisial CX pada mobil Mazda memiliki arti yang cukup mendalam. CX diambil dari kata-kata yang berasal dari bahasa Jepang. C memiliki arti Kurosuobakonseputo uang berarti crossover. Sementara X memiliki arti Supotsuka yang berarti sport car.

Jika digabungkan, CX adalah perpaduan antara mobil crossover dengan sport car. Sama seperti nama inisialnya, mobil SUV Mazda memang memiliki pengendalian yang tajam seperti sports car dengan bentuk gagah ala sebuah crossover.

Bicara soal SUV, Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai agen pemegang merek Mazda baru saja merilis model SUV baru untuk pasar Indonesia. Menyandang nama Mazda CX-60, SUV ini memiliki penampilan gagah dengan mesin mild-hybrid. Mobil SUV premium ini menjadi kendaraan elektrifikasi pertama yang dipasarkan oleh Mazda di Tanah Air.

Baca Juga: Mazda CX-60 Resmi Hadir di Indonesia dengan Mesin Mild Hybrid

Lini Mobil Mazda Lainnya

Mobil Mazda yang tidak menggunakan inisial CX adalah kendaraan dengan bentuk selain SUV, misalnya seperti hatchback, sedan, hingga estate. Misalnya, seperti Mazda6 sedan, Mazda6 estate, Mazda2 hatchback, Mazda2 sedan, Mazda3 hatchback, dan Mazda3 sedan.

Selain itu, Mazda juga memiliki model lain yang menggunakan inisial MX pada namanya. Salah satu mobil yang menggunakan inisial MX adalah Mazda MX-5 atau Miata yang merupakan mobil sport 2 pintu. MX sendiri memiliki arti Mazda Experimental Project.

mobil terkait

Rp 190.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 227.000.000

Individu

JAKARTA BARAT

Rp 125.000.000

Individu

BEKASI

Rp 160.000.000

Individu

BEKASI

Rp 372.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 250.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas