Mengenal Cara Kerja Drive by Wire pada Mobil

Ditulis oleh : redaksi | 27 January 2020

Mengenal Cara Kerja Drive by Wire pada Mobil

momobil.id – Seiring perkembangan zaman, mobil mengalami banyak perubahan dari sisi teknologi. Salah satu teknologi yang mulai banyak diterapkan adalah drive by wire atau dalam istilah lain juga disebut throttle by wire.

Awalnya teknologi ini diterapkan pada pesawat terbang yang kemudian diadaptasi ke mobil. Dengan drive by wire, pengemudi sama sekali tidak memiliki hubungan mekanis dengan mobil. Semua kontrol sistem yang dihubungkan baik mekanis maupun hidrolik seperti pedal gas, rem, bahkan setir. Wah, canggih sekali bukan?

Mobil dengan fitur drive by wire tidak lagi menggunakan kabel gas membentang dari pedal gas hingga throttle body sebagai sarana buka-tutup katup throttle body. Buka tutup katup throttle body murni mengandalkan sinyal elektronik yang menggerakkan servo di throttle body.

Pada pedal gas terdapat throttle position sensor yang memberikan sinyal info tinggi-rendah injakan pedal. Sinyal itu kemudian diolah oleh electronic control unit (ECU) untuk kemudian diteruskan sebagai perintah untuk menggerakkan servo/aktuator pada throttle body.

Teknologi canggih ini dapat menghasilkan bahan bakar yang lebih efisien dengan angka emisi yang rendah. Intinya drive by wire itu untuk mengatur semua pergerakan dan tenaga mobil sesuai keadaan jalan yang dibutuhkan. Sebab semua komponen ini digantikan oleh motor servo yang memiliki fungsi sebagai penggerak dan bekerja menurut perintah komputer yang lebih presisi.

Baca Juga: Ketahui Titik Blind Spot Ketika Mengemudikan Mobil

Keunggulan lain pada drive by wire adalah lebih minim perawatan dan mengurangi risiko kabel gas tersangkut atau putus. Adapun salah satu kelemahan drive by wire yang dikeluhkan beberapa pengemudi yakni kurangnya tenaga ketika melewati tanjakan.

Mobil tak kuat menanjak diakibatkan oleh tiga hal sekaligus. Selain beban berat oleh penuhnya muatan, faktor berikutnya adalah drive by wire sengaja diorientasikan hemat BBM oleh pabrik. Dan faktor ketiga adalah tanjakan itu sendiri.

Seperti hukum fisika, start pertama pasti akan lebih berat karena menggerakkan benda dari diam total. Kombinasi ketiganya membuat mobil sangat susah untuk menanjak. Untuk mengatasi rekayasa yang dilakukan drive by wire, sebenarnya pengemudi cukup menginjak penuh pedal gas agar throttle body membuka lebih lebar.

Dengan begini, maka tenaga mesin akan lebih mudah mencapai puncaknya sehingga lebih berdaya menaklukkan beban tanjakan. Namun ingat, saat menginjak penuh pedal gas, yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah keadaan sekitar. Namun perlu diingat, tips di atas dilakukan setelah sebelumnya sudah memasukkan posisi L atau 1 di transmisi otomatis, dan masuk di gigi 1 untuk mobil transmisi manual.(Aldy)

Sumber gambar: The Drive



Kembali ke atas