Mengenal Cara Kerja Teknologi Mobil Hybrid Honda e:HEV

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 18 August 2022

Mengenal Cara Kerja Teknologi Mobil Hybrid Honda e:HEV

momobil.id – PT Honda Prospect Motor memperkenalkan teknologi mobil hybrid yang dinamai Honda e:HEV pada GIIAS 2022. Teknologi ini merupakan sebuah langkah bagi Honda untuk menuju era mobil elektrifikasi. Honda e:HEV sendiri sudah digunakan pada beberapa mobil Honda, antara lain adalah CR-V, Civic, Accord, Fit, hingga HR-V. Lantas, bagaimanakah cara kerja dan komponen dalam teknologi ini?

Komponen Utama pada Honda e:HEV

Pada Teknologi Honda e:HEV, terdapat tiga komponen utama yang bekerja secara berdampingan. Komponen tersebut adalah Atkinson Cycle Engine, Electronic CVT (e-CVT), dan Intelligent Power Unit.

1. Atkinson Cycle Engine

Mesin ini merupakan mesin Direct Injection, 4 silinder, DOHC i-VTEC berbahan bakar bensin. Pada sistem e:HEV, mesin atkinson cycle berfungsi untuk memberikan tenaga pada motor generator, sehingga menghasilkan listrik. Energi listrik kemudian digunakan untuk menggerakkan motor drive dan memberikan tenaga ke roda saat berkendara. Mesin ini juga berfungsi untuk mengisi daya pada baterai.

2. e-CVT

Putaran mesin kemudian akan diteruskan oleh motor generator yang berada pada sistem e-CVT. e-CVT terdiri dari beberapa komponen, antara lain adalah motor generator, motor drive, dan power control unit (PCU).

Motor generator pada e-CVT menghasilkan daya listrik dari putaran mesin. Daya listrik kemudian digunakan untuk mengisi daya pada baterai dan memberikan daya listrik kepada motor drive.

Motor Drive pada e-CVT memiliki fungsi menggerakan roda dengan suplai daya dari motor generator dan baterai. Komponen ini juga berfungsi untuk menghasilkan daya listrik ketika deselerasi.

Power Control Unit (PCU) pada e-CVT memiiki fungsi untuk mengontrol kinerja motor pada e-CVT. Komponen ini juga memiliki fungsi untuk mengontrol kebutuhan listrik baterai dan motor.

3. Intelligent Power Unit

Komponen intelligent power unit merupakan baterai yang terbuat dari material lithium ion. Power unit berfungsi sebagai penggerak dari motor drive. Komponen ini mampu menyimpan daya hingga 300 Volt.

Baca Juga: Honda Fit e:HEV Facelift Diluncurkan, Tampilan Lebih Segar

Mode Berkendara pada Honda e:HEV

Honda e:HEV memiliki tiga mode berkendara. Mode berkendara tersebut antara lain adalah, normal, hybrid, dan Engine Drive.

Saat berada pada mode berkendara normal, beban mesin akan menjadi rendah. mode EV juga akan bekerja ketika dalam keadaan normal. Pada mode ini, mobil hanya menggunakan tenaga dari baterai yang kemudian diserap oleh motor. Mode berkendara normal tidak menggunakan kinerja dari mesin atkinson cycle.

Ketika akselerasi meningkat dan kinerja motor menjadi lebih berat, maka mode berkendara akan pindah secara otomatis ke mode hybrid. Pada mode ini, mesin dan baterai bekerja sama untuk menghasilkan tenaga lebih besar.

Ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi, maka mode berkendara otomatis berubah menjadi mode Engine Drive. Dalam mode ini, mesin mobil akan bekerja secara penuh untuk menggerakan roda. Tenaga yang dihasilkan juga menjadi lebih besar. Meskipun demikian, mesin juga tetap akan mengisi daya pada baterai saat mode ini berjalan.

mobil terkait

Rp 345.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu


Kembali ke atas