Mengenal Cat Duco Mobil serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 21 November 2023

Mengenal Cat Duco Mobil serta Kelebihan dan Kekurangannya

momobil.id – Salah satu bagian penting yang berhubungan dengan visual kendaraan adalah cat mobil. Seiring dengan penggunaan, cat mobil yang minim perawatan tentunya akan kusam, bahkan mengelupas. Ada berbagai cara untuk memperbaiki cat mobil, salah satunya adalah pengerjaan dengan cat duco. Yuk lebih mengenal apa itu cat duco pada mobil, beserta kelebihan dan kekurangannya!

Ketika melintas di jalan, mungkin sebagian orang masih asing dengan jasa pengecatan mobil dengan cat duco. Cat duco merupakan jasa perbaikan bodi mobil mulai dari baret ringan hingga penyok. Secara keseluruhan, proses pengerjaan cat duco mirip dengan bengkel ketok magic, namun memiliki perbedaan dalam cara dan durasi pengerjaannya. Teknologi pengerjaan cat duco tentunya berbeda dengan bengkel resmi dan menjadi salah satu alternatif perbaikan mobil yang cepat dan murah.

Nama dari cat duco sendiri sebenarnya diambil dari cat keluaran DuPont Paint. Cat tersebut merupakan cat berjenis nitrocellulose atau NC. Akibat kepopulerannya, cat NC akhirnya disebut sebagai cat duco.

Proses pengerjaan dari cat duco sendiri tergolong mudah. Untuk tahap awal, bodi mobil yang baret dan penok didempul terlebih dahulu, atau diperbaiki. Setelah itu, cat duco kemudian diaplikasikan dengan cara disemprot ke permukaan mobil. Jika proses pengecatan sudah selesai, cat didiamkan beberapa saat, kemudian dipernis.

Kelebihan Pengerjaan Cat Duco

Jasa perbaikan bodi mobil dengan cat duco memiliki sejumlah kelebihan. Berikut ini merupakan beberapa keuntungannya.

1. Harga yang Relatif Murah

Salah satu kelebihan dari jasa perbaikan cat duco adalah harga. Perbaikan dengan cat duco biasanya dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah dan bisa ditawar. Bahan cat yang digunakan juga relatif terjangkau. Biaya perbaikan cat duco berada di kisaran Rp150 ribu hingga Rp250 ribu per panel.

2. Proses Pengecatan Mobil Cepat

Selain murah, proses jasa perbaikan cat duco tergolong sangat cepat. Keseluruhan proses pengecatan dapat dikerjakan dalam waktu sekitar 1 jam, dan mobil bisa digunakan kembali. Jika dibandingkan dengan bengkel cat, proses pengerjaan bisa sampai berhari-hari karena membutuhkan banyak proses lain dan pengeringan.

3. Tampilan Mobil Lebih Menarik

Meskipun jasa perbaikan di pinggir jalan, tampilan mobil yang diaplikasikan cat duco tergolong kinclong dan halus pada mobil. Bahkan, mobil terlihat lebih menarik sesudah dipoles.

4. Warna Variatif

Cat duco tersedia dalam beberapa pilihan warna, sehingga pemilik mobil bebas memilih warna yang akan diaplikasikan sesuai dengan selera.

Baca Juga: Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Cat Mobil yang Tergores

Kekurangan Pengerjaan Cat Duco

Meskipun memiliki kelebihan, perbaikan mobil dengan cat duco juga memiliki kekurangan. Berikut ini merupakan beberapa kelemahannya.

1. Risiko Terlihat Tidak Rapih atau Belang

Salah satu kelemahan utama cat duco adalah cat yang bisa terlihat tidak rapih. Hal ini bisa terjadi jika kualitas dempul dan pencampuran warna yang sulit agar terlihat sama persis dengan warna orisinalnya. Selain itu, pengaplikasian cat yang terlalu tebal juga dapat membuat adanya gumpalan dari tetesan cat.

2. Rentan Terhadap Debu

Pengecatan menggunakan cat duco perlu dilakukan di tempat yang bersih. Jika dilakukan di tempat sembarangan, cat duco rentan terhada paparan debu saat proses pengeringan. Tekstur cat menjadi tidak mulus karena terpapar oleh debu.

3. Warna Cepat Pudar

Salah satu kelemahan dari cat duco yang cukup merugikan adalah warna yang cepat pudar. Jika pemilik mobil tidak melakukan perawatan, maka warna cat akan cepat kusam dan pudar.

4. Mudah Retak atau Pecah

Jika panel mobil penyok, cat duco mudah retak atau pecah.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas