Mengenal Fitur Child Lock pada Mobil Beserta Fungsinya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 25 July 2023

Mengenal Fitur Child Lock pada Mobil Beserta Fungsinya

momobil.id – Aspek keselamatan merupakan aspek utama yang menjadi perhatian saat mengendarai mobil, terlebih ketika membawa anak kecil saat berkendara. Fitur keamanan untuk anak-anak yang dapat ditemui adalah child safety lock. Yuk kenali apa itu fitur child lock pada mobil beserta fungsi dan cara menggunakannya!

Mengenal Fitur Child Lock

Fitur Child Safety Lock merupakan salah satu fitur keamanan pada mobil. Fitur ini dibuat untuk menjaga anak kecil ketika berkendara dengan mobil. Child lock pada mobil berupa tuas kecil yang posisinya berada di bagian bawah pintu belakang. pemilik mobil dapat mengatur penguncian pintu mobil karena child lock terdapat pada pintu belakang sisi kanan dan kiri.

Fitur ini dinilai efektif untuk menjaga pintu tetap terkunci walaupun handle pintu dimainkan oleh anak-anak karena posisinya yang sulit dijangkau. Ketika fitur ini diaktifkan, handle pintu belakang tidak akan bisa dibuka dari dalam.

Fungsi

Sebagai salah satu fitur keamanan pada kendaraan, child lock berfungsi untuk mengunci pintu belakang agar handle pintu tidak berfungsi membuka pintu belakang. Pada umumnya, anak kecil tentu akan lebih banyak bergerak ketika berkendara jarak jauh, anak-anak bisa membuka handle pintu tanpa sengaja dan hal tersebut tentu sangat membahayakan. Dengan adanya fitur child lock, pemilik mobil tidak perlu khawatir pintu belakang terbuka akibat dimainkan anak-anak.

Baca Juga: Tips Berkendara Aman Bersama Anak dengan Mobil

Cara Menggunakan Fitur Child Lock

Meskipun fitur child lock sudah menjadi standar fitur keselamatan di setiap mobil, sebagian pemilik mobil belum tahu cara mengaktifkannya. Berikut merupakan cara menggunakan fitur child lock dengan tepat.

  1. Membuka pintu tempat duduk bagian belakang mobil.
  2. Periksa bagian dalam pintu yang dibuka, terdapat tuas kecil dengan tulisan lock dan unlock.
  3. Geserlah tuas ke bagian lock untuk mengaktifkan fitur child lock.
  4. Ketika pintu ditutup dan tuas berada di posisi lock, pintu tidak akan terbuka dari dalam meskipun central lock dalam keadaan terbuka.

Berikut ini merupakan cara menon-aktifkan fitur child lock.

  1. Buka pintu mobil dari luar.
  2. Geser tuas ke posisi unlock, dengan demikian fitur chid lock akan non-aktif.

mobil terkait

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas