Mengenal Fitur Keselamatan Dalam Mobil

Ditulis oleh : admin | 16 January 2017

Mengenal Fitur Keselamatan Dalam Mobil

Akhir-akhir ini keselamatan mobil semakin menjadi perhatian yang sangat penting. Karena banyaknya angka yang menyebabkan nyawa manusia melayang. Keselamatan merupakan faktor yang sangat penting yang tak bisa dilupakan dalam berkendara.

Baca Juga : 3 Cara Mengatasi Mobil Overheat Paling Praktis

Jika anda membeli kendaraan anda akan memilih mesin yang bertenaga, efisien, design yang menawan, dan fitur yang keren. Tetapi jangan lupakan fitur keselamatan yang ada dalam mobil tersebut jika anda memilih kendaraan yang tepat.

Fitur keselamatan dalam mobil
Source: okezone.com

Banyak sekali fitur keselamatan yang digunakan pabrikan untuk dibenamkan di tiap model kendaraan. Biasanya jumlah fitur tergantung dengan model dan harga jual mobil tersebut. Apa saja aneka fitur keselamatan yang ada di mobil? Simak informasinya berikut ini.

1. Hill Assist Control

Fitur ini adalah fitur keselamatan yang pada bagian pengereman. Fitur ini mencegah mobil mundur pada saat berhenti di tanjakan. Misalnya ketika mobil terjebak kemacetan parah di tanjakan. Fitur ini berguna bagi orang yang belum berpengalaman berhenti saat di tanjakan, sehingga tidak perlu melepas rem tangan berulang-ulang ketika macet di tanjakan, khususnya bagi pengendara mobil dengan transimisi manual

2. Traction Control

Fitur ini digunakan untuk mencegah terjadinya slip pada roda ketika sedang berakselerasi. Cara kerja fitur ini apabila sensor mendeteksi salah satu roda berputar lebih cepat, maka sistem akan segera memerintahkan rem untuk segera aktif dengan roda agar menyamai kecepatan roda yang lainnya.

Biasanya fitur ini digunakan saat mobil berada ditanjakan yang sedikit licin dan saat mobil menanjak ban belakang mobil berputar lebih cepat / slip. Dengan adanya fitur ini mobil dapat menanjak kembali karena roda yang berjalan lebih cepat dapat ditahan oleh rem agar semua roda berjalan seimbang.

3. Stability Control

Fitur ini betujuan untuk meningkatkan keamanan berkendara dari sisi pengendalian mobil dengan cara meminimalisir terjadinya slip pada ban.

Fitur ini berjalan ketika mobil mulai kehilangan kontrol, sistem ini akan langsung membantu rem mengendalikan laju mobil. Pada roda depan, rem mencegah agar tidak terjadi oversteer, sedangkan belakang rem akan mencegah terjadinya understeer.

5. Airbag

Fitur ini sudah harus menjadi standart dalam semua kendaran roda empat. Airbag dapat meminimalisir terjadinya cidera pada pengemudi dan penumpang ketika mobil mengalami benturan yang keras.
Cara kerja airbag adalah ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi dan mobil menabrak sesuatu, maka Airbag akan mengembung dari setir mobil agar pengemudi dan penumpang tidak terbentur kedepan.

6. ABS (Anti-Lock Braking System)

FItur ini adalah yang paling sering pada kendaraan roda empat dan roda dua. ABS dapat mencegah roda terkunci saat anda mengerem mendadak, dan apa lagi pada saat jalan licin saat hujan. Tanpa sistem ini, pengemudi professional sekalipun akan susah untuk mengendalikan mobil jika melakukan pengereman mendadak.

Demikian lah fitur keselamatan dalam mobil, tentunya disetiap mobil memiliki sistem dan komponen yang berbeda, sesuai dengan performa, kemampuan mobil dan harga jual dari mobil tersebut. Tetap berhati-hati dalam berkendara.

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 206.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 190.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas