Mengenal Fungsi dan Pentingnya Wiper Kaca Belakang pada Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 11 December 2023

Mengenal Fungsi dan Pentingnya Wiper Kaca Belakang pada Mobil

momobil.id – Pemilik kendaraan roda empat pasti tidak asingdengan keberadaan wiper. Wiper berfungsi membersihkan kaca mobil dari debu dan kotoran. Tidak hanya berada di bagian depan, wiper juga terdapat pada bagian belakang mobil. Sama seperti bagian depan, wiper kaca belakang mobil juga memiliki fungsi yang sama pentingnya.

Wiper Kaca Belakang dan Cara Kerjanya

Wiper belakang merupakan komponen khusus yang ditujukan untuk membersihkan kaca belakang mobil dari debu, air, salju, atau kotoran yang menempel. Komponen ini ditenagai oleh sistem listrik, serta memiliki lengan logam dan bilah karet panjang.

Cara kerjanya pun cukup sederhana. Lengan wiper terbuat dari logam dan terhubung dengan motor pada salah satu ujungnya. Kemudian, lengan wiper disematkan bilah karet yang panjang dan berfungsi sebagai pembersih kaca belakang. Ketika motor diaktifkan, maka lengan wiper akan berputar dan bilah karet akan bergerak maju mundur dan membersihkan kotoran yang menempel pada kaca.

Fungsi Wiper Kaca Belakang

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari wiper kaca belakang.

1. Membersihkan Kotoran atau Air pada Kaca Belakang

Adanya wiper belakang tentunya mampu meningkatkan visibilitas pengemudi ke belakang, terutama ketika dalam kondisi cuaca buruk atau hujan. Wiper belakang berfungsi untuk membersihkan kotoran atau air yang menempel dan menghalangi pandangan pengemudi di area belakang mobil.

2. Mencegah Embun

Selain untuk membersihkan kotoran dan air, wiper belakang juga membantu menghilangkan embun atau kondensasi yang terbentuk pada kaca belakang. Embun bisa saja muncul ketika di pagi hari, atau dalam kondisi cuaca yang dingin.

3. Memantau Kondisi Jalan Ketika Berkendara

Saat wiper belakang berfungsi dengan baik, pengemudi akan lebih mudah untuk memantau kondisi jalan ketika berkendara. Wiper tentu dapat menghilangkan debu, air, dan kotoran yang menempel pada kaca mobil, sehingga pengemudi mampu melihat kondisi bagian belakang mobil dengan lebih jelas.

4. Menghilangkan Splashback

Ketika mobil sedang berakselerasi di jalanan yang basah, lumpur, kotoran, dan cipratan air bisa saja melekat pada bagian kaca belakang. Hal ini tentunya sangat mengganggu pandangan pengemudi. Adanya wiper belakang dapat membantu membersihkan cipratan tersebut, sehingga kaca belakang tetap bersih.

Baca Juga: Kenali Efek Menyalakan Wiper Saat Kaca Mobil Kering

Cara Merawat Wiper Kaca Belakang

Agar kinerja wiper belakang tetap optimal, pemilik mobil tentu perlu merawatnya. Perawatan wiper bagian belakang tergolong mudah. Bilah karet wiper dapat mengalami keausan seiring dengan penggunaan yang mampu mengurangi efektivitasnya. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu memeriksa kondisi bilah karet secara berkala. Apabila karet sudah aus, maka segera ganti dengan yang baru.

Selain penggantian karet wiper, pemilik mobil juga perlu menyediakan cairan pembersih kaca ketika kondisi kaca bagian depan dan belakang sudah sangat kotor. Pastikan pula wiper belakang dapat bekerja dengan baik tanpa mengeluarkan suara berdecit atau gesekan.

Mengapa Sedan Tidak Memiliki Wiper pada Bagian Belakang

Wiper belakang pada umumnya sering ditemukan pada mobil berjenis SUV, MPV, dan hatchback. Namun, berbeda halnya dengan mobil sedan. Mengapa demikian?

Wiper belakang didesain khusus untuk mobil yang memiliki jendela belakang tegak. Mobil SUV, MPV, dan hatchback memiliki bagian kaca yang hampir vertikal, sehingga kotoran yang menempel sulit untuk dibersihkan jika mengandalkan aliran udara. Dengan demikian, wiper belakang ditempatkan di bagian kaca belakang untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Berbeda dengan MPV, SUV, dan hatchback, mobil sedan memiliki garis atap yang miring. Hal ini mampu membuat air dan kotoran tersapu oleh udara, sehingga kotoran dan sisa-sisa air akan hilang dengan sendirinya ketika mobil sedang berakselerasi.

Adanya wiper belakang pada sedan dapat mempengaruhi koefisien drag aeronimais atau gesekan udara yang yang diterima pada bagian belakang. Selain itu, mekanisme penggunaan wiper belakang pada sedan juga tergolong rumit, karena berpengaruh terhadap buka tutup bagasi.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas