Mengenal Fungsi dari Crumple Zone pada Mobil

Ditulis oleh : admin | 4 October 2022

Mengenal Fungsi dari Crumple Zone pada Mobil

momobil.id – Saat terjadi tabrakan, bagian depan mobil dibuat lebih mudah ringsek dan remuk. Sebagian orang menganggap bahwa kualitas bagian depan mobil yang buruk sehingga mudah ringsek. Meskipun demikian, hal ini merupakan anggapan yang salah. Mobil yang bagian depannya mudah ringsek sudah menggunakan teknologi crumple zone. Berikut ini adalah pengertian, serta fungsi dan cara kerja dari crumple zone pada mobil.

Pengertian dari Crumple Zone

Crumple zone merupakan sebuah area pada kendaraan yang dirancang untuk hancur atau deformasi ketika terjadi tabrakan. Deformasi sendiri memiliki arti perubahan bentuk mobil dari bentuk yang mulus hingga ringsek.

Area crumple zone atau zona benturan dapat menyerap energi kinetik dari benturan, sehingga dapat meminimalisir efek ketika terjadi tabrakan. Bagian zona benturan biasanya terletak pada bagian depan dan bagian belakang mobil.

Sejarah Singkat Crumple Zone

Crumple zone merupakan sebuah teknologi yang ditemukan pada tahun 1937. Pencetus dari teknologi ini adalah seorang insinyur asal Austria bernama Bela Barenyi. Pemanfaatan dari teknologi yang dicetusnya diimplementasikan pada sebuah mobil di era 1950an.

Teknologi crumple zone diperkenalkan pada mobil Mercedes Benz W111 produksi tahun 1958-1959. Saat itu, Barenyi berkata bahwa sebuah mobil harus terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama merupakan bagian yang dibuat kuat untuk menampung penumpang dan pengemudi. Sementara bagian kedua dan ketiga merupakan bagian yang dibuat lebih lemah untuk menyerap energi ketika terjadi kecelakaan.

Sejak pertama kali dicetuskan, teknologi dari crumple zone terus berkembang. Pada tahun 1990, Volvo memperkenalkan pengembangan dari teknologi ini di bagian samping kendaraan yang dinamai Side Impact Protection System. Semenjak itu, setiap produsen otomotif mengembangkan teknologi ini untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Baca Juga: Penjelasan Mengenai Sasis dan Bodi Pada Sebuah Mobil

Fungsi Crumple Zone pada Mobil

Bagian crumple zone tentu memiliki fungsi yang penting. Crumple zone memiliki fungsi melindungi bagian ruangan kabin agar tidak mudah rusak saat terjadi kecelakaan atau tabrakan yang keras. Bagian crumple zone mampu mengurangi energi saat terjadi benturan.

Oleh karena itu, untuk mendistribusikan energi saat terjadi benturan, bagian depan atau belakang mobil dibuat mudah ringsek. Peredaman energi yang dihasilkan akan terjadi secara otomatis dan fleksibel.

Cara Kerja dari Crumple Zone

Ketika mobil mengalami tabrakan, bagian crumple zone akan menerima dan menyerap energi yang dihasilkan dari benturan. Hasilnya, bagian luar mobil terlihat ringsek dan rusak. Adanya bantuan penyerapan energi membuat penumpang yang berada di dalam kabin aman karena bagian interior tetap terjaga.

Berbeda dengan mobil lainnya, mobil mewah biasanya memiliki posisi crumple zone pada bagian mounting atau peningkat mesin. Ketika terjadi tabrakan, bagian mesin dan transmisi akan jatuh dan tidak terdorong ke belakang. Hal ini dapat menghindari pengemudi terjepit mesin mobil.

mobil terkait

Rp 295.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 622.900.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 346.700.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 324.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA


Kembali ke atas