Mengenal Fungsi Dop Velg Mobil dan Cara Merawatnya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 24 May 2023

Mengenal Fungsi Dop Velg Mobil dan Cara Merawatnya

momobil.id – Mobil dengan velg kaleng seringkali dilengkapi dengan dop velg. Dop velg atau biasa disebut sebagai center cap seringkali digunakan sebagai penutup velg. Biasanya komponen ini bisa dilepas atau dipasang kembali pada velg mobil. Lantas, apa fungsi dari dop velg pada mobil dan bagaimana cara merawatnya?

Fungsi Dop Velg

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari dop velg pada mobil.

1. Estetika Kendaraan

Dop velg pada mobil bisa dilepas atau dipasang kembali. Pada umumnya, fungsi dop velg mobil identik dengan ornamen estetika. Ada berbagai pilihan desain dan gaya dop velg yang tersedia di pasaran. Kebanyakan pemilik mobil memasang dop velg agar kendaraannya lebih enak dipandang dan terlihat rapih.

2. Proteksi Velg Kendaraan

Meskipun demikian, dop velg tidak hanya berfungsi sebagai ornamen estetika saja. Komponen ini juga berfungsi sebagai proteksi roda kendaraan. Adanya dop velg mampu mencegah air dan kotoran masuk ke area dalam velg. Komponen ini mampu melindungi baut spindle dan laher roda. Dengan adanya dop velg, komponen dalam velg akan lebih awet dan tidak mudah karat.

3. Perawatan Velg Lebih Mudah

Pada umumnya, dop velg dipasang pada bagian luar. Komponen ini mampu melindungi velg dari kotoran atau kerak yang menempel. Adanya dop velg mampu membantu proses pembersihan velg mobil menjadi lebih mudah. Pemilik mobil hanya perlu melepas dop velg untuk membersihkannya.

Cara Merawat Dop Velg agar Tidak Hilang

Jika tidak dirawat, dop velg akan lebih mudah lepas dari velg mobil. Untuk mencegah hal ini terjadi, berikut adalah beberapa cara untuk merawat dop velg.

1. Pastikan Dop Velg Terpasang dengan Baik

Setelah melakukan pemasangan pada dop velg, pastikan bahwa komponen tersebut terpasang dengan baik sesuai dengan petunjuk pemasangan. Lakukan pula pengecekan dop velg secara rutin agar memastikan dop terpasang dengan tepat.

2. Parkir Mobil di Tempat yang Aman

Sebelum meninggalkan mobil, pemilik mobil harus mencari tempat parkir yang aman. Hal ini untuk mencegah terjadinya pencurian komponen mobil, salah satunya adalah dop velg.

3. Pengecekan Secara Rutin

Agar dop velg tetap awet, pengecekan secara rutin perlu dilakukan. Pastikan dop velg tidak memiliki kerusakan atau retakkan pada bagian penguncian. Dop velg yang sudah rusak atau longgar tentu berpotensi lepas dari velg dan hilang.

4. Menggunakan Lem Besi

Dop velg yang sudah longgar bisa dipasang kembali menggunakan lem besi. Untuk pengaplikasiannya mudah, cukup mengoleskan lem dalam bentuk titik-titik ke beberapa bagian, kemudian pasang dop velg. Tunggu lem hingga kering dan dop velg akan menempel dengan kuat.

5. Menggunakan Pengunci Dop Velg

Untuk mencegah dop velg hilang, pemilik mobil bisa menggunakan pengunci dop velg. Pengunci ini merupakan alat tambahan yang dirancang untuk mencegah penguncian velg. Biasanya, pengunci untuk dop velg berupa mur dan kunci yang dipasang menggunakan alat khusus.

6. Pakai Cable Strap

Biasanya, pemilik mobil menggunakan cable strap atau cable tie untuk mengikat dop velg. Cara penggunaanya juga cukup mudah, pemilik mobil hanya mengikat cable strap pada beberapa titik velg. Dengan demikian, dop velg tidak mudah hilang atau lepas.

Baca Juga: Sebelum Modifikasi, Kenali Dulu Ragam Ukuran PCD Velg Mobil

Langkah Memasang Dop Velg

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memasang dop velg mobil dengan tepat.

  • Persiapkan dop velg dan velg mobil. Pastikan dop memiliki ukuran yang sesuai dengan jenis velg mobil.
  • Sebelum memasang dop velg, bersihkan velg terlebih dahulu.
  • Periksa sistem penguncian dop velg, seperti cincin atau mur. Pastikan seluruh sistem penguncian dalam kondisi yang baik.
  • Letakkan dop velg di atas velg mobil secara rata.
  • Pasanglah cincin dan mur dop velg. Pastikan memasang komponen tersebut sesuai dengan instruksi dari produsen.
  • Periksa kembali kesejajaran dan kekencangan dop velg. Pastikan dop velg sudah terpasang dengan baik.

mobil terkait

Rp 178.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 132.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 125.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 129.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG


Kembali ke atas