Mengenal Fungsi Fitur ABS, EBD, dan BA di Mobil Kekinian

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 10 May 2021

Mengenal Fungsi Fitur ABS, EBD, dan BA di Mobil Kekinian

momobil.id – Sistem pengereman pada mobil-mobil keluaran terkini tak hanya dilengkapi disc brake alias rem cakram. Saat ini beberapa model mobil juga telah dilengkapi fitur pendukung pada sistem pengeremannya seperti ABS, EBD, dan BA.

Bagi yang belum mengetahui apa sebenarnya fungsi fitur-fitur seperti ABS, EBD, dan BA pada sistem pengereman mobil, berikut penjelasan selengkapnya seperti dilansir detikcom yang mengutip laman Wuling Motors.

ABS

ABS merupakan singkatan Anti-lock Braking System. Sesuai dengan namanya, ABS mampu mencegah roda mobil terkunci saat mobil mengerem secara mendadak di situasi tertentu.

Mobil yang dibekali ABS dapat menghindar dari tabrakan ketika mengerem secara mendadak. Sedangkan mobil tanpa ABS, pada saat mengerem secara mendadak roda mobil akan terkunci sehingga tabrakan pun tak terhindarkan.

ABS terdiri dari tiga komponen utama, yakni sensor kecepatan di masing-masing roda, katup dari hidrolik yang mengarah ke setiap pompa rem untuk mengembalikan tekanan rem hidrolik dikontrol oleh komputer, dan juga modul kontrol.

EBD

Selain ABS, ada juga EBD yang merupakan kependekan dari Electronic Brakeforce Distribution. Secara fungsi, fitur EBD bertugas mendistribusikan daya pengereman ke seluruh roda mobil. Sistem EBD masih berhubungan dengan ABS. EBD menggunakan ABS untuk menyesuaikan pengereman di semua roda tergantung kebutuhannya.

EBD secara otomatis akan menyesuaikan pengereman di setiap roda dan memastikan as roda depan dan belakang tak terkunci. Dengan EBD, pengereman di bagian belakang lebih optimal, tergantung dengan bobot kendaraan itu sendiri. EBD juga dapat menambah traksi kendaraan saat berada di jalan.

Baca juga: Hanya Ada 100 Unit, Apa Saja yang Beda di Wuling Almaz Limited Edition?

EBD terdiri dari beberapa komponen, yakni sensor kecepatan roda, sensor bobot kendaraan, brake force modulators, dan Electronic Control Unit (ECU).

BA

Fitur selanjutnya adalah Braking Assist (BA) atau juga dikenal dengan Emergency Braking Assist. Fitur ini berfungsi saat pengendara berhenti di situasi darurat. Sistem rem akan bekerja lebih cepat ketika melakukan pengereman mendadak apabila sudah dilengkapi dengan fitur Brake Assist.

Sistem ini bekerja berkat sensor ECU yang akan mendeteksi pengereman darurat yang dilakukan pengendara. Misalnya saat pengendara menginjak pedal rem cukup dalam, ECU akan membaca bahwa mobil dalam keadaan darurat sehingga daya pengereman akan ditingkatkan. Brake Assist tersedia di mobil yang telah dilengkapi teknologi ABS.


Kembali ke atas