Mengenal Jenis Box Subwoofer Mobil yang Biasa Dipakai Para Instalator

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 17 May 2020

Mengenal Jenis Box Subwoofer Mobil yang Biasa Dipakai Para Instalator

momobil.id – Untuk menghasilkan karakter dan suara bass yang bagus, para pemilik mobil harus memperhatikan subwoofer dan box nya. Subwoofer yang tidak menggunakan box tidak dapat mengantarkan suara bass secara maksimal. Box audio penting untuk menentukan kualitas dan karakter dari suara bass. Oleh karena itu, instalator dan pemilik mobil perlu mengenal jenis box subwoofer yang dipakai. Berikut adalah jenis – jenis box subwoofer yang dapat dipakai oleh para instalator mobil.

Sealed

Box berjenis sealed dirancang untuk memanfaatkan volume udara di ruang yang tertutup. Desain dari box terbilang sederhana dengan dimensi yang ringkas, dan dibuat rapat agar suara bas terdengar lebih besar. Box ini cocok digunakan untuk memutar segala jenis musik dengan bass yang akurat. Dalam menggunakan box ini, para instalator membutuhkan power ampifier yang memiliki daya besar minimal 750 watt. Dalam segi material, box ini menggunakan papan MDF dengan model kotak persegi atau bahan fiber.

Ported

Box berjenis ported memiliki lubang port yang berfungsi meningkatkan respon bass pada frekuensi rendah. Lubang port ini memiliki fungsi sebagai penghubung antara udara di luar dan di dalam box. Hal ini bertujuan agar menghasilkan suara bass yang optimal pada jenis box ini. Dalam merancang box, instalator memperhatikan volume box dengan ukuran celah pada box. Desain pada box juga harus diperhatikan dan tidak boleh bocor.

Dalam penggunaannya, box ini memerlukan power amplifier dengan daya watt yang besar. Gunakan amplifier kelas A-B dengan kapasitas dibawah 1.000 watt. Box ini memang tergolong besar dan memakan tempat yang cukup banyak, namun kinerja bass yang dihasilkan lebih bagus dibanding sealed box.

Free Air

Aplikasi box free air ini biasa ditemukan di mobil sedan. Free air ini biasanya terpasang di bagian belakang bagasi yang membelakangi jok belakang. Ruang bagasi pun difungsikan sebagai rumah subwoofer dan mengisolasi suara dari area belakang subwoofer. Sistem free air ini tidak membutuhkan box, namun pemilihannya harus dirancang secara khusus pada sistem ini. Tidak semua subwoofer bisa dipasang dalam sistem free air.

Baca Juga : Cek Dulu Bagian Ini Sebelum Membeli Mobil Double Cabin Bekas Tambang

Bandpass

Bandpass merupakan gabungan antara box sealed dan ported. Box audio sealed dipasang menjadi bentuk ported, dan subwoofer dipasang pada kotak dengan dua bilik. Box bandpass memiliki suara bass yang cukup keras, namun tidak semua subwoofer dapat bekerja dengan baik dengan box ini. Dalam membuat box ini, instalator harus menyediakan ruang yang cukup karena box bandpass memiliki ukuran yang besar. Selain itu, box bandpass memiliki kendala dengan distorsi tinggi dan pembuatan yang lebih rumit dibanding ported.



Kembali ke atas