Mengenal Jenis Karpet Mobil dan Tips Memilihnya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 17 January 2024

Mengenal Jenis Karpet Mobil dan Tips Memilihnya

momobil.id – Salah satu komponen yang memiliki fungsi penting untuk melindungi bagian interior mobil adalah karpet. Karpet biasanya ditaruh di bagian bawah kabin untuk melindungi lantai mobil agar tidak kotor atau tergores. Komponen ini juga mampu mempercantik estetika interior dari mobil. Di pasaran, terdapat beragam jenis karpet mobil berdasarkan fungsi dan bahannya. Berikut pembahasan beserta tips untuk memilihnya!

Jenis Karpet Mobil Berdasarkan Fungsi

Macam-macam karpet mobil berdasarkan fungsi dapat terbagi menjadi dua, yaitu karpet dasar dan karpet pelapis. Berikut ini perbedaannya.

1. Karpet Dasar

Karpet dasar terletak pada bagian paling dasar lantai mobil. Pada umumnya, karpet ini terbuat dari bahan dasar fabric dan sudah terpasang dari pabrik. Karpet ini memiliki fungsi memberi peredaman pada kabin dan menutup plat lantai mobil.

2. Karpet Pelapis

Biasanya, pemilik mobil menggunakan karpet pelapis agar interior tampak bersih dan menarik. Karpet ini diletakkan di bagian lantai untuk melapisi karpet dasar. Fungsi dari karpet pelapis untuk melindungi lantai dari debu dan kotoran.

Jenis Karpet Mobil Berdasarkan Bahan

Ada beberapa jenis karpet berdasarkan bahan yang dapat ditemui di pasaran. Berikut ini merupakan beberapa jenis beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Karpet Sintetis

Salah satu jenis karpet yang sering digunakan untuk kendaraan adalah karpet sintetis. Jenis ini menggunakan bahan menyerupai karet. Memiliki harga yang terjangkau, karpet mobil sintetis juga merupakan salah satu karpet yang mudah dibersihkan. Meskipun demikian, umur penggunaan karpet sintetis tidak selama karpet berbahan karet.

2. Karpet PVC

Karpet yang terbuat dari bahan PVC ini seringkali disebut sebagai karpet mie atau bihun karena permukaan karpet yang menyerupai mie. Jenis karpet ini memiliki daya cengkram yang baik untuk kaki. Selain itu, karpet PVC mudah untuk dibersihkan. Pengguna hanya menyikat dan mencuci menggunakan sabun ketika karpet dalam keadaan kotor. Jenis karpet ini juga mudah dijemur dan memiliki harga terjangkau.

3. Karpet Beludru

Jenis karpet ini biasanya digunakan di mobil mewah karena memberikan kenyamanan serta aestetika yang cukup tinggi karena tersedia dalam berbagai macam warna dan desain. Karpet beludru biasanya memiliki harga yang bervariasi, ada yang murah maupun mahal.

Meskipun demikian, jenis karpet beludur sulit untuk dibersihkan. Jika dicuci basah, karpet berjenis beludru memakan waktu yang lama hingga kering. Untuk membersihkannya, pemilik mobil bisa menggunakan vacuum cleaner dengan suction yang kuat.

4. Karpet Karet

Jenis karpet ini menggunakan material karet asli. Pada umumnya, karpet ini sering digunakan oleh kebanyakan pemilik mobil karena umur pemakaian yang lama, serta mudah dibersihkan. Untuk membersihkannya, pemilik mobil hanya melepas karpet dari mobil, kemudian cuci menggunakan air bersih. Meskipun demikian, harga karpet karet tergolong lebih mahal.

5. Karpet Clear Vinyl

Karpet jenis ini memiliki bahan yang kokoh dan cukup tebal karena terbuat dari vinyl. Jenis karpet ini mampu mencegah air, debu, atau kotoran jatuh ke dalam karpet dasar karena memiliki tepi terbalik pada bagian dalamnya. Jenis karpet ini juga tidak mudah berpindah tempat atau tergelincir karena dilengkapi dengan paku pada bagian belakangnya.

6. Karpet Campuran dari Berbagai Bahan

Selain jenis karpet di atas, ada juga jenis karpet campuran dari berbagai bahan. Misalnya, gabungan antara PVC dan karet sintetis, atau karet dan kain beludru. Pada umumnya, produsen otomotif membuat karpet jenis ini untuk menekan harga dan memperpanjang masa pakai karpet agar lebih awet.

Baca Juga: Begini Cara Tepat Membersihkan Karpet Mobil yang Kotor

Tips Memilih Karpet yang Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum memilih karpet yang cocok untuk mobil, ada baiknya untuk memperhatikan tips berikut ini.

1. Pilih Ukuran yang Sesuai

Ketika memilih karpet untuk mobil, pastikan bahwa ukuran karpet sesuai. Karpet yang terlalu besar tentu memiliki kesan sumpek, sementara karpet yang terlalu kecil tentu tidak dapat melindungi karpet bawaan mobil.

2. Pilih Karpet yang Permukaannya Tidak Licin

Ada baiknya untuk memilih bahan karet yang permukaannya tidak mudah bergeser dan tidak licin ketika diinjak. Karpet dengan bahan ini juga cocok digunakan ketika musim hujan.

3. Gunakan Karpet yang Memiliki Perekat atau Pengait

Karpet yang mudah bergeser dan tidak menentu berpotensi mengurangi keamanan dan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, pengguna disarankan memilih karpet dengan perekat atau pengait agar tidak mudah bergeser.

4. Pertimbangkan Elastisitas Karpet

Gunakan karpet mobil yang memiliki sifat elastis atau lentur. Karpet yang lentur cenderung lebih bagus dan awet untuk digunakan. Sementara karpet yang kurang lentuh biasanya akan lebih mudah patah atau robek.

5. Gunakan Karpet yang Tidak Bau

Beberapa karpet yang dijual di pasaran memiliki bau yang cukup menyengat. Agar tidak membuat kabin mobil menjadi bau, hindari membeli karpet yang berbau. Sebelum membeli, ada baiknya untuk mencium apakah karpet tersebut bau atau tidak.

6. Pilihlah Motif Karpet yang Tidak Terlalu Rapat

Saat membeli karpet, pilihlah motif karpet yang tidak terlalu rapat atau sedikit renggang. Karpet dengan motif yang terlalu rapat biasanya sulit untuk dibersihkan.

7. Gunakan Karpet dengan Warna dan Motif yang Sesuai

Pengguna disarankan untuk memilih karpet dengan warna dan motif yang menyesuaikan interior mobil. Penggunaan warna netral membuat tampilan kabin menjadi lebih elegan.

mobil terkait

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas