Mengenal Jenis Plat Nomor pada Mobil Listrik

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 June 2023

Mengenal Jenis Plat Nomor pada Mobil Listrik

momobil.id – Plat nomor pada kendaraan berfungsi sebagai tanda identifikasi atau registrasi dari kendaraan. Berbeda dengan mobil bermesin konvensional, mobil listrik yang beredar di jalan raya menggunakan plat nomor dengan kombinasi beberapa warna. Yuk lebih mengenal jenis plat nomor pada mobil listrik.

Perbedaan Plat Nomor Mobil Listrik dengan Mobil Biasa

Dilihat dari bentuk fisik, plat nomor mobil bermesin konvensional dan plat nomor mobil listrik memiliki kesamaan. Kedua plat nomor tersebut sama-sama memiliki kode huruf dan angka pada bagian atas, dan angka yang menunjukan masa berlaku kendaraan pada bagian bawah.

Perbedaan terletak pada bagian bawah plat nomor. Plat nomor khusus mobil listrik memiliki garis berwarna biru pada bagian ruang masa berlaku plat nomor. Penggunaan warna biru bukan hanya sekedar hiasan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan identifikasi oleh para petugas kepolisian.

Warna biru sendiri merupakan hasil rekomendasi dari forum Korlantas. Selain itu, warna biru juga sesuai dengan program langit biru sebagai upaya untuk mengurangi pemanasan global.

Alasan Plat Nomor Mobil Listrik Dibedakan

Salah satu alasan pemerintah membedakan plat nomor mobil listrik adalah untuk memancing masyarakat agar beralih ke mobil listrik. Pemerintah memberikan beberapa keistimewaan, salah satunya adalah kendaraan listrik bebas ganjil genap.

Hingga saat ini, terdapat 26 ruas jalan yang diberlakukan ganjil genap. Pemilik mobil listrik dibolehkan melintasi area ganjil genap setiap saat. Agar lebih mudah mengidentifikasi mobil listrik, maka plat nomor mobil listrik dibedakan dengan garis biru pada bagian bawah.

Aturan mengenai mobil listrik kebal ganjil genap juga tercantum dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No.88 Tahun 2019. Perbedaan plat nomor mobil listrik juga memudahkan analisa hasil rekaman kamera Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik.

Baca Juga: Begini Cara Mengetahui Pemilik Kendaraan Berdasarkan Plat Nomor

Jenis Plat Nomor Mobil Listrik

Seperti plat nomor mobil biasa, plat nomor untuk mobil listrik juga dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis dari plat nomor mobil listrik antara lain,

1. Plat Hitam dengan Garis Biru

Jenis plat nomor mobil listrik ini paling sering ditemukan di jalanan. TNBK warna dasar hitam dengan garis biru diperuntukkan bagi pemilik kendaraan listrik pribadi.

2. Plat Putih dengan Garis Biru

Jenis plat dengan warna dasar putih dan garis biru digunakan bagi kendaraan listrik uji coba. Biasanya dilengkapi juga dengan Surat Tanda Coba Kendaraan atau STCK.

3. Plat Hijau dengan Garis Biru

Jenis plat mobil listrik selanjutnya adalah TNBK dengan warna dasar hijau dan garis biru pada bagian bawah. Kombinasi warna ini diperuntukkan bagi kendaraan yang hanya boleh beroperasi di lokasi perdagangan bebas atau free trade zone, misalnya Batam.

Kendaraan listrik dengan plat hijau dan garis biru mendapatkan fasilitas bebas bea masuk. Sayangnya mobil hanya boleh digunakan di satu wilayah, dan tidak boleh digunakan ke wilayah Indonesia lainnya.

4. Plat Kuning dengan Garis Biru

Jenis plat dengan warna dasar kuning dan garis biru diperuntukkan bagi angkutan umum dengan mesin listrik. Angkutan umum tersebut berupa taksi, angkot, atau alat transportasi umum lainnya.

5. Plat Merah dengan Garis Biru

Jenis plat mobil listrik dengan warna dasar merah dan garis biru diperuntukkan bagi kendaraan dinas pemerintah.

6. Plat dengan Garis Biru pada Bagian Samping

Garis biru pada plat nomor mobil listrik tidak hanya terdapat pada bagian bawah. Sebagian plat nomor mobil listrik memiliki garis biru yang terletak pada sisi samping. Hal ini merupakan salah satu keistimewaan untuk plat nomor pilihan.

Pemilik kendaraan listrik pribadi bisa memilih kombinasi angka pada plat nomor. Memilih plat nomor bukanlah sesuatu yang illegal dan melanggar hukum. Hanya saja pemilik mobil perlu membayar biaya lebih agar kombinasi angka sesuai yang diinginkan.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas