Mengenal Lebih Jauh Teknologi SkyActiv Milik Mazda

Ditulis oleh : admin | 31 July 2019

Mengenal Lebih Jauh Teknologi SkyActiv Milik Mazda

momobil.id – Bagi pemilik mobil Mazda, tentu tidak asing melihat tulisan berbunyi SkyActiv yang biasa terlihat di bagian mesin maupun body belakang mobil. Namun, apakah kamu sudah mengetahui secara pasti apa itu teknologi SkyActiv yang dibenamkan oleh Mazda pada mobil-mobil rakitannya?  SkyActiv sendiri merupakan sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Mazda, dengan tujuan meningkatkan efesiensi bahan bakar dan emisi mesin. 

Meningkatkan bahan bakar dan emisi mesin merupakan salah satu fungsi dari teknologi SkyActiv, tepatnya yang diterapkan pada bagian mesin. Selain mesin, Mazda juga menghadirkan teknologi SkyActiv untuk bagian lain pada komponen mobil seperti sasis, body, dan transmisi. Lebih jelasnya, berikut beberapa tipe penerapan teknologi SkyActiv yang dihadirkan Mazda:

SkyActiv G

SkyActiv G merupakan generasi terbaru dari teknologi SkyActiv. SkyActiv G memiliki mesin kompresi bahan bakar dengan rasio 14:1. Efesiensi bahan bakar meningkat 15 persen, ditambah dengan sistem pembuangan 4-2-1, dimana sistem pembuangan tersebut tidak tersedia di tipe sebelumnya. Sistem saluran 4-2-1 berasal saluran pembuangan dari 4 silinder dalam mesin, lalu dibagi menjadi dua kelompok yang akhirnya 2 kelompok tersebut akan menjadi satu. 

SkyActiv D

Dengan menggunakan mesin diesel berkompresi paling rendah di dunia, membuat mesin SkyActiv D sangat efisien dan mampu melengkapi peraturan gas emisi secara global tanpa perlu menambahkan perangkat pengurang NOx yang harganya relatif mahal. SkyActiv memiliki  mesin kompresi rendah dengan rasio 14:1, membuat efesiensi bahan bakar dua puluh persen lebih baik. 

SkyActiv Drive

Mesin Transmisi yang kompak, memungkinkan perpindahan gigi cepat dan halus. Kekompakan mesin transmisi disebabkan oleh kombinasi dari mesin transmisi automatis konvensional, variable transmisi berkelanjutan, dan dual clutch transimisi. Transmisi ini juga menciptakan efisiensi bahan bakar yang tinggi sehingga berkontribusi pada konsumsi bahan bakar keseluruhan.

SkyActiv MT 

Dibandingkan dengn SkyActiv Drive yang diperuntukkan untuk mobil bermesin transmisi otomatis, SkyActiv MT diperuntukkan untuk mobil dengan transmisi manual. Perpindahan gigi pada SkyActiv MT tergolong ringan dan enteng, seperti  menggunakan mobil sport.  

SkyActiv Body

Mazda menggunakan material baja high tensil yang paling tipis di kelasnya. Baja high tensil digunakan pada hampir semua suku cadang Mazda, menghasilkan pengurangan beban body mobil yang signifikan. Hasilnya, rangka body Mazda delapan persen lebih ringan, tiga puluh persen lebih kuat. 

SkyActiv Chasis

Dalam rangka menyatukan mesin dan pengendara untuk meningkatkan pengalaman berkendara yang lebih baik, Mazda meningkatkan keamanan dan kenyamanan pada chasis dengan berlandaskan pada beberapa konsep. Konsep tersebut adalah kombinasi kelincahan kecepatan rendah hingga tinggi dan stabilitas kecepatan tinggi, keseimbangan kenyamanan berkendara dalam trabulitas kesepatan tinggi, serta penggabungan penurunan bobot bodi dan kekuatan bodi yang baik.

Baca Juga: Perbedaan fitur i-Talk Glory i-Auto dan fitur WIND milik Wuling Almaz

Semua teknologi SkyActiv tersebut saling terintergasi satu sama lain dalam kendali pengemudi,  yang disebut SkyActiv Vehicle Dynamics. Keseluruhan konsep tersebut memberikan kenyamanan berkendara bagi pengendara dengan tingkat keamanan performa yang sangat baik, dan meningkatkan ketenangan pikiran berkat gerakan kendaraan yang stabil.

Sebagai informasi, pengguna Mazda dengan teknologi SkyActiv tidak dapat menggunakan sembarang bahan bakar. Unit Mazda yang menggunakan mesin SkyActiv minimal harus meminum bahan bakar dengan RON 90 atau Pertalite. Sebenarnya bisa digunakan Premium sebagai bahan bakar, tetapi penggunaan Premium akan mempengaruhi performa mesin karena pengapian akan mundur untuk menyesuaikan dengan kualitas bahan bakar yang rendah.

Penulis: Syah Rezi Tungga Dewi

Editor: Danang Setiaji

Sumber gambar: Driving the Nation


Kembali ke atas