Mengenal Manfaat dan Proses Bubut Rem Cakram Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 28 November 2022

Mengenal Manfaat dan Proses Bubut Rem Cakram Mobil

momobil.id – Apabila terjadi getaran keras pada pedal rem atau kemudi ketika hendak melakukan pengereman, maka bisa jadi piringan rem atau cakram mobil bergelombang. Selain diganti baru, salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan pembubutan. Lantas, apa manfaat dari bubut rem cakram mobil, dan bagaimana prosesnya?

Penyebab Rem Bergelombang

Disc brake atau cakram rem rentang bergelombang akibat adanya tekanan suhu yang tinggi saat pengereman berlangsung. Piringan rem yang bergelombang diakibatkan juga oleh gesekan antara permukaan cakram dan kampas rem.

Seiring dengan lamanya pemakaian, piringan cakram bisa bergelombang. Biasanya hal ini ditandai dengan setir yang bergetar, atau menarik ke salah satu sisi. Kinerja rem juga akan menurun ketika cakram bergelombang.

Mengenal Manfaat Bubut Rem Cakram

Bubut Disc Brake atau Rem Cakram merupakan proses meratakan atau pembubutan komponen cakrem rem pada mobil. Biasanya proses pembubutan dilakukan menggunakan sebuah alat khusus.

Permukaan piringan rem bisa saja bergelombang dan mampu mengurangi kemampuan kerja dari komponen tersebut. Manfaat dari bubut rem cakram untuk meratakan permukaan piringan rem. Hal ini dapat membuat tingkat pengikisan kampas rem diminimalisir sehingga lebih awet.

Selain itu pembubutan juga dapat menghilangkan keolengan kecil pada bagian cakram rem. Proses ini juga dikenal lebih praktis dan menghemat biaya ketimbang mengganti cakram rem dengan yang baru.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Ganti Rem Cakram Mobil

Proses Bubut Cakram

Berikut ini merupakan prosedur pembubutan rem cakram.

1. Pengecekan Rem Cakram

Hal pertama yang dilakukan biasanya pengecekan secara visual. Pengecekan dilakukan untuk melihat cacat pada cakram, misalnya seperti bergelombang atau bagian tengah yang tergerus. Hal ini dapat menentukan apakah rem bisa dibubut atau sebaiknya diganti dengan yang baru.

Pengecekan secara teknikal bisa dilakukan dengan alat bernama dial gauge. Untuk pengaplikasiannya, alat akan ditempel pada bagian datar di sekitar cakram, kemudian ujung pen pendial ditempelkan pada tepi rem cakram dan diputar. Hal ini dilakukan untuk memeriksa keolengan dan cocok untuk dilakukan pembubutan atau ganti baru.

2. Proses Bubut

Pembubutan dari cakram rem tidak memakan waktu yang lama. Komponen disc brake pada proses ini tidak dilepas. Proses pembubutan menggunakan sebuah alat rematching yang bisa dikerjakan secara langsung.

Proses pembubutan cukup dengan cara mendongkrak mobil, lalu membuka ban. Setelah itu, tancapkan alat rematching pada cakram dan alat mulai bekerja.

Bubut Cakram atau Ganti Baru?

Untuk melakukan pembubutan, batas ketebalan cakram yang masih bisa dibubut minimal 5 mm. Ketebalan cakram yang kurang dari 5 mm tidak disarankan untuk melakukan pembubutan karena terlalu berisiko. Selain itu, kedalaman gelombang permukaan cakram yang boleh dibubut sekitar 0,5 mm.

Jika ketebalan cakram terlalu tipis, disarankan untuk melakukan penggantian cakram. Hal ini dilakukan agar kinerja pengereman lebih baik dan mencegah kecelakaan. Cakram yang terlalu tipis dapat membuat komponen tersebut rentan melengkung dan retak. Hal ini tentu dapat mengakibatkan pengereman macet.

Apabila rem sudah mulai bergelombang dan agak tipis, disarankan untuk membeli cakram yang baru. Selain penggantian dengan komponen yang baru lebih aman, selisih harga juga menjadi salah satu alasan. Pembubutan rem cakram biasanya berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp250 ribu. Sedangkan harga rem cakram baru berkisar antara Rp400 ribuan.

mobil terkait

Rp 295.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 622.900.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 346.700.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 324.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA


Kembali ke atas