Mengenal Mobil Listrik Mungil Fiat Topolino EV

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 24 July 2023

Mengenal Mobil Listrik Mungil Fiat Topolino EV

momobil.id – Produsen otomotif asal Italia, Fiat resmi memperkenalkan mobil listrik mungil Fiat Topolino untuk pasar Eropa. Mobil listrik berpenampilan imut ini memiliki desain yang unik dan retro, serta dilengkapi dengan teknologi canggih.

Istilah “Topolino” sendiri diambil dari bahasa Italia yang berarti tikus kecil. Nama tersebut sebelumnya digunakan oleh Fiat 500 edisi pertama yang diperkenalkan pada tahun 1936. Sesuai dengan namanya, Fiat Topolino memiliki dimensi yang ringkas dengan panjang 2.535 mm dan tinggi 1.530 mm.

Dirakit di Morocco, Fiat Topolino kemungkinan akan berstatus limited edition atau dijual terbatas. Mobil ini akan didistribusikan ke konsumen beberapa bulan mendatang dengan harga 10.000 Euro atau setara dengan Rp160 jutaan.

Tampilan Eksterior Fiat Topolino

Fiat Topolino dibangun dari platform yang sama dengan Citroen Ami dan Opel Rocks-e. Oleh karena itu, tampilan eksterior Fiat Topolino secara keseluruhan mirip dengan kedua mobil mungil tersebut.

Sama seperti Citroen Ami, Topolino tersedia dalam dua varian, yaitu Topolino dengan pintu dan Topolino Dolcevita tanpa pintu. Khusus varian tanpa pintu, Fiat memberikan aksesoris berupa tali yang bisa dilepas-pasang.

Fiat Topolino memiliki desain yang nyaris serupa dengan Citroen Ami, namun tetap memiliki detail ala Fiat 500. Pada bagian depan, terdapat dua buah lampu depan dengan bentuk bulat dengan lampu kecil pada bagian bawahnya. Sementara bagian bumper dilengkapi dengan trim berawarna silver.

Beralih ke bagian samping, terdapat spion dengan bentuk retro, serta atap berwarna hitam. Bagian kaki-kaki menggunakan wheel cover dengan desain minmalis. Pindah ke sisi belakang, terdapat lampu stoplamp dengan bentuk kapsul, serta rumah plat nomor pada bagian tengahnya. Fiat juga menyematkan rear carriage pada bagian belakang untuk membawa barang.

Tampak Belakang Fiat Topolino
Tampak Belakang Fiat Topolino

Baca Juga: Mobil Listrik Citroen AMI, Nyetir Tak Perlu Pakai SIM

Interior dan Fitur

Masuk ke dalam, interior dari Fiat Topolino tampak sederhana. Pada bagian dashboard tersedia lingkar kemudi dengan logo “Fiat”, kluster instrumen digital, dan tempat penyimpanan pada sisi atas dashboard.

Dari segi fitur, mobil listrik Fiat Topolino memiliki kelengkapan yang serupa dengan Citroen Ami. Diantaranya, speaker Bluetooth, pendingin kabin, tempat menaruh botol, serta beberapa kompartemen penyimpanan.

Spesifikasi Fiat Topolino

Serupa dengan Citroen Ami dan Opel Rocks-e, Fiat Topolino mengusung motor listrik bertenaga 8 hp. Motor listrik ditenagai oleh baterai lithium-ion berkapasitas 5,5 kWh. Pengisian daya baterai tersebut hingga penuh membutuhkan waktu 4 jam.

Dengan baterai 5,5 kWh, Fiat Topolino sanggup menempuh jarak sejauh 75 km dengan kecepatan maksimal hanya 45 km/jam. Hanya butuh waktu 10 detik untuk mencapai kecepatan maksimal (0-45 km/jam). Fiat mengklaim bahwa daya tersebut sudah cukup untuk pemakaian dalam kota.

Sumber gambar: Fiat

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas