Mengenal Perbedaan Ban Radial dan Ban Bias

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 19 January 2023

Mengenal Perbedaan Ban Radial dan Ban Bias

momobil.id – Salah satu komponen penting pada mobil adalah ban. Memilih ban yang kompatibel merupakan hal yang penting agar performa kendaraan tetap optimal. Ban mobil sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu ban radial dan ban bias. Lantas, apa perbedaan dari jenis ban radial dan ban bias?

Ban Radial

Secara teknis, ban radial merupakan ban dengan konstruksi jenis pneumatik dengan susunan benang polyester yang membentuk sudut 90 derajat. Sudut tersebut dapat dilihat pada bagian tengah telapak ban. Ban radial menggunakan lapisan serat dari baja dan menyilang pada lingkaran ban. Sabuk pada ban radial dibuat dari baja dengan tapak yang kaku dan tahan guncangan.

Ban Bias

Jenis ban bias merupakan ban dengan konstruksi jenis pneumatik dengan susunan benang polyester yang membentuk sudut kurang dari 90 derajat, tepatnya 40-65 derajat terhadap keliling ban. Sudut tersebut dapat terlihat pada bagian tengah telapak ban. Susunan benang pada ban bias memiliki bentuk zig-zag atau diagonal.

Ban bias terbuat dari nilon untuk lapisan casing bagian dalam. Selain itu, jenis ban ini juga didukung oleh double bead yang terbuat dari metal. Double bead digunakan untuk menempelkan ban dengan velg.

Baca Juga: Arti Huruf dan Angka pada Dinding Ban Mobil

Perbedaan Ban Radial dengan Ban Bias

Kedua jenis ban ini memiliki perbedaan. Berikut ulasannya.

1. Konstruksi Ban

Perbedaan utama antara ban radial dan ban bias terletak pada konstruksi ban. Ban radial menggunakan lapisan dari serat baja. Jenis ban ini dibentuk dari lapisan serat yang menyilang pada lingkaran ban.

Sementara ban bias menggunakan lapisan dari serat nilon. Ban bias terbuat dari lembaran cord yang membentuk menjadi rangka ban. Cord dibuat pola zig-zag dengan sudut 40-65 derajat terhadap lingkaran ban.

2. Penggunaan Ban

Berdasarkan penggunaannya, ban radial pada umumnya digunakan oleh mobil penumpang. Ban radial memiliki bobot yang lebih ringan dan mampu menahan panas dalam kecepatan tinggi. Oleh karena itu, ban radial sangat cocok digunakan untuk ban penumpang.

Sementara ban bias umumnya digunakan oleh kendaraan bermuatan besar. Ban radial memiliki telapak ban yang tebal dan mampu menopang beban berat. Selain itu, ban bias tidak mampu menahan panas secara optimal sehingga cocok untuk kendaraan bermuatan besar.

3. Daya Cengkram

Ban radial memiliki daya cengkram yang lebih unggul dibandingkan dengan ban bias. Hal ini terjadi karena ban tertekan ke arah dinding samping saat ban bekerja. Sementara ban bias tertekan ke bagian depan dan belakang. Oleh karena itu, beban panas pada ban radial akan terdistribusi dengan baik sehingga ban tidak mudah aus.

4. Daya Redam Guncangan

Perbedaan kedua jenis ban ini terdapat pada daya redam. Ban radial memiliki daya redam yang lebih bagus ketimbang ban bias. Hal ini dikarenakan ban lebih fleksibel, sehingga mampu meredam getara dari jalan yang bergelombang.

mobil terkait

Rp 601.150.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 331.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 309.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 275.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas