Mengenal Perbedaan Salon Mobil dengan Auto Detailing

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 13 June 2022

Mengenal Perbedaan Salon Mobil dengan Auto Detailing

momobil.id – Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempercantik kendaraan, salah satunya adalah dengan melakukan perawatan. Perawatan untuk mobil bisa dilakukan di rumah, atau lewat jasa salon mobil dan auto detailing. Meskipun sama-sama jasa perawatan mobil, salon mobil dan auto detailing memiliki perbedaan.

Alat dan Bahan yang Digunakan

Meskipun sama-sama membersihkan mobil, alat dan bahan yang digunakan oleh salon mobil dan auto detailing berbeda. Auto detailing memiliki alat dan bahan yang lebih komplit dibandingkan dengan salon mobil. Alat dan bahan yang digunakan oleh auto detailing lebih bagus dan lengkap. Sementara untuk salon mobil, biasanya menggunakan alat pembersih yang digunakan oleh tempat cuci mobil pada umumnya.

Objek yang Dibersihkan

Perbedaan utama dari salon mobil dan auto detailing ada pada objek yang dibersihkan. Untuk salon mobil, bagian yang dibersihkan biasanya adalah bagian eksterior mobil. Petugas salon mobil tidak membersihkan bagian secara detail. Sebagai contoh pada bagian ban, petugas salon mobil hanya membersihkan velg dan bagian luar ban. Sementara pada auto detailing, pembersihan mobil dilakukan secara detail hingga sela-sela paling kecil. Hal ini membuat mobil lebih kinclong ketika dibersihkan di auto detailing.

Baca Juga: Begini Tahapan yang Benar ketika Proses Coating Mobil

Daya Tahan Hasil dan Tarif

Salon mobil dan auto detailing sama-sama memberikan efek yang bagus dan kinclong untuk kendaraan. Namun, kebersihan dan kemulusan mobil akan jauh lebih baik jika melakukan auto detailing. Dari layanan yang dilakukan pada auto detailing, hasilnya tentu akan lebih tahan lama auto detailing dibandingkan dengan salon mobil. Hasil auto detailing dapat membuat tampak mobil seperti baru. Sementara dari segi tarif, auto detailing jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan salon mobil. Hal ini mengingat auto detailing membutuhkan teknik khusus dan hasil perawatan yang lebih bagus.

Proses dan Teknik Pengerjaan

Dari segi proses dan teknik pengerjaan, auto detailing memiliki proses pengerjaan yang lebih banyak. Proses pertama pada auto detailing adalah cleaning dan claying. Dalam proses ini, mobil dicuci hingga bersih menggunakan sabun pembersih khusus. Setelah itu, petugas melakukan teknik claying menggunakan clay bar dan cairan lubrikasi. Claying merupakan tahap mengangkat kotoran yang mengendap pada sela-sela mobil.

Tahap selanjutnya pada auto detailing adalah paint correction. Pada tahap ini, goresan atau kecacatan pada mobil akan dihilangkan. Petugas auto detailing menggunakan beberapa teknik, yaitu compunding, glazing, polishing, dan lainnya. Teknik tersebut dilakukan dengan menggunakan bahan berkualitas yang dapat memperbaiki bodi mobil.

Selanjutnya, petugas akan melakukan tahap proteksi. Petugas memberikan lapisan pelindung pada permukaan mobil untuk melindungi dari kotoran dan debu. Biasanya, lapisan yang digunakan adalah wax, coating, dan sealent yang akan dikombinasikan dan diaplikasikan ke bodi mobil. Setelah tahap proteksi, perawatan auto detailing yang terakhir adalah maintenance. Pada tahap ini, pemilik mobil perlu melakukan perawatan berkala agar hasil lebih optimal.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas