Mengenal Pindad Maung, Mobil yang Dinaiki Prabowo-Jokowi

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 19 January 2023

Mengenal Pindad Maung, Mobil yang Dinaiki Prabowo-Jokowi

momobil.id – Ada momen menarik disela rapat pimpinan Kementrian Pertahanan (Kemhan) 2023. Setelah menghadiri rapat tersebut, Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menunggangi sebuah kendaraan operasional TNI. Mobil tersebut adalah Pindad Maung.

Maung sendiri merupakan kendaraan taktis 4×4 yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero). Nama Maung diresmikan oleh Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianti disela acara rapat Kemhan 2023. Pindad Maung pernah hadir pada ajang Indo Defence Expo & Forum di JI Expo Kemayoran pada 2022 silam dengan nama Pindad Morino MV Cruiser.

Tampilan dari Pindad Maung

Pindad Maung yang hadir dalam rapat Kemenhan merupakan mobil pengembangan dari Maung versi sebelumnya. Tampilan dari kendaraan operasional TNI ini terlihat berbeda dengan versi prototipe yang dijajal Prabowo pada 2020 lalu. Bentuk dari Pindad Maung terbaru sekilas mirip dengan Ford Bronco dan GMC Hummer EV SUV.

Pada bagian depan, Pindad Maung terlihat memiliki kap mesin yang dibuat tegak dan rata. Bagian fasia menggunakan grill enam lubang dengan logo merah putih pada bagian tengah. grille diapit oleh lampu utama berbentuk bulat. Bagian bumper juga disematkan lampu kabut dan winch sebagai alat derek.

Beralih ke bagian samping, Maung hadir dengan pintu model tengah. Pintu dari Maung terlihat hanya menggunakan material besi tanpa kaca jendela. Bagian sisi samping dan atas dari mobil ini juga terbuka. Pada bagian roda, Maung menggunakan velg 17 inci berbalut ban Mud Terrain (MT).

Tampilan belakang dari Pindad Maung terlihat manis dengan sepasang lampu belakang kecil berbentuk kotak, mirip dengan yang digunakan Jeep Wrangler.

Baca Juga: Mengintip Mobil Chevrolet Tumpangan Jokowi di Amerika

Interior dan Fitur

Masuk ke bagian kabin, Maung memiliki tampilan dashboard yang mirip dengan Isuzu MU-X. Kesan modern terlihat pada penggunaan layar head unit, serta tampilan dashboard yang modern. Bagian setir terlihat tidak memiliki logo.

Pindad Maung memiliki konfigurasi empat penumpang. Bagian belakang diisi oleh dua buah bangku. Sementara bagian tengah dibuat sedikit lenggang untuk menaruh peralatan dan senjata.

Soal fitur, versi Rantis dari Pindad Maung akan dibekali beberapa perlengkapan senjata seperti dudukan senjata kaliber 7,62 mm dan konsol senapan SS2-V4. Mobil ini juga dilengkapi dengan APAR, hi-lift jack, 4 titik derek, dan winch 4,5 ton.

Spesifikasi Pindad Maung

Soal performa, Pindad Maung ditenagai oleh mesin diesel berkapasitas 2.494 cc. Mesin diesel yang juga digunakan oleh Toyota Hilux ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 149 hp dengan torsi maksimal 400 Nm. Tenaga disalurkan ke empat roda dengan transmisi manual 6-percepatan. Dengan mesin tersebut, Pindad Maung mampu melaju dengan kecepatan maksimal 120 km/jam.

Mesin yang cukup tangguh ditemani dengan tangki BBM 80 liter. Sementara pada bagian suspensi, Pindad Maung menggunakan suspensi depan independent, coilover dan suspensi belakang rigid, coilover, 4 link.

Sumber gambar: PT Pindad

mobil terkait

Rp 295.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 622.900.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 346.700.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 324.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA


Kembali ke atas