Mengenal Sejarah dan Fakta Unik Rolls Royce

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 6 June 2020

Mengenal Sejarah dan Fakta Unik Rolls Royce

momobil.id – Penggemar mobil mewah pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Rolls Royce. Produsen mobil asal Inggris ini selalu memproduksi mobil mewah yang istimewa kepada konsumen. Dibalik kesuksesan Rolls Royce, terhadap sejarah dan fakta – fakta unik yang menarik untuk dibahas. Berikut adalah fakta dan sejarah unik Rolls Royce yang tidak banyak orang tahu.

Berawal di Manchester

Sejarah Rolls Royce berawal pada saat Charles Rolls bertemu dengan Henry Royce pada jamuan makan siang di Manchester. Royce menawarkan produk mesin kepada Rolls yang memiliki dealer dan showroom mobil. Hal ini berujung pada kesepakatan membuat usaha penjualan mobil pertama mereka, yaitu Rolls-Royce HP 10. Banyaknya konsumen yang tertarik dengan produk mereka akhirnya membuat Rolls dan Royce merilis pabrikan mobil dengan nama Rolls Royce. Rolls bertiugas untuk memasarkan mobil, sedangkan Royce bertugas untuk mendesain dan merancang mobil hingga proses pembuatan.

Andalan Rolls Royce, Silver Ghost

Setelah membuat mobil 3 silinder, Rolls Royce mulai merancang mobil dengan mesin 6 silinder. Mobil ini diberi nama 40/50hp yang kemudian dijuluki dengan nama “Silver Ghost”. Mobil ini mendapat predikat sebagai mobil terbaik di dunia setelah menunjukkan keandalan dan ketenangan mesin Silver Ghost. Silver Ghost dapat berjalan tanpa henti sejauh 23.127 kilometer dari London menuju Glasgow sebanyak 27 kali.

Kembangkan Mesin Pesawat

Rolls Royce membuat mesin pesawat pada saat Perang Dunia I. Ketika itu, pemerintah Inggris memberikan anjuran kepada Rolls Royce untuk membuat mesin pesawat untuk menunjang perang. Perintah ini kemudian disanggupi Rolls Royce dengan mendapatkan lisensi dari Renault untuk membuat mesin pesawat standar militer. Hal ini menjadi cikal bakal lahirnya Rolls Royce Eagle. Setelah muncul Rolls Royce Eagle, Rolls Royce membuat mesin – mesin lain seperti Hawk, Falcon, dan Condor.

Baca Juga : Tak Hanya Mobil Mewah, Rolls Royce Ciptakan Miniatur Cullinan

Pecahkan Rekor Darat dan Laut

Rolls Royce pernah memecahkan rekor darat dan laut pada tahun 1930an. Pada tahun 1933, Sir Malcolm Campbell memecahkan rekor kecepatan darat dengan memacu mobil Bulebird bermesin Rolls Royce dengan kecepatan 486 km/jam. Selang 4 tahun kemudian, George Eyston menggunakan Thunderbolt yang ditenagai 2 mesin Rolls Royce bernama R melebihi kecepatan Campbell. Selain mencatat rekor kecepatan darat, Rolls Royce juga mencatat rekor kecepatan laut. Henry Segrave memecahkan rekor laut dunia menggunakan kapal boat mini bermesin R buatan Rolls Royce di Miss England II. Dari dua pencapaian ini, Rolls Royce akhirnya memperkenalkan produk terbarunya yaitu Phantom III. Phantom III hadir dengan mesin V12.

Diakuisisi BMW

Pada tahun 1990-an, perusahaan Rolls Royce mengalami pasang surut, sehingga Rolls Royce harus dijual. Perusahaan Rolls Royce kemudian diminati oleh Volkswagen dan BMW, Perusahaan otomotif asal Jerman. Pada awalnya, perusahaan ini diakuisisi oleh VW dan BMW. VW memperoleh fasilitas memproduksi Rolls Royce di Crewe, Inggris. Semantara BMW mendapatkan hak atas mobil Rolls Royce. Hal ini berakhir sampai dengan tahun 2002, dimana BMW mulai memproduksi mobil Rolls Royce seutuhnya, sedangkan VW memproduksi mobil Bentley. Dengan adanya kesepakatan pada tahun 2003, BMW diizinkan untuk memproduksi mobil lengkap dengan nama Rolls Royce sampai saat ini.


Kembali ke atas