Mengenal Sejarah Terciptanya Mobil di Dunia, Berawal dari Sini

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 24 December 2020

Mengenal Sejarah Terciptanya Mobil di Dunia, Berawal dari Sini

momobil.id – Perkembangan dunia otomotif semakin inovatif setiap harinya. Mulai dari perkembangan teknologi hingga fitur-fitur pada mobil yang futuristik. Namun, sebelum hadirnya teknologi canggih dan fitur yang futuristik, kita perlu menengok kembali sejarah tentang mobil. Yuk mengenal sejarah terciptanya mobil pertama di dunia.

Berawal dari Benua Biru, Eropa, kemunculan mobil sebagai alat transportasi melewati perjalanan yang cukup panjang. Tahun 1769, ilmuwan Prancis bernama Nicolas J. Cugnot menciptakan kendaraan roda tiga dari tenaga uap karena pada saat itu teknologi mesin belum berkembang seperti saat ini. Kendaraan yang diciptakan Nicolas inilah yang menjadi cikal bakal mobil di dunia.

Setelah ditemukannya kendaraan ini, banyak orang yang menilai bahwa penemuan ini sangat bermanfaat. Yang semula ditujukan untuk membantu mobilitas saat perang, kendaraan ini menjadi difungsikan dalam membantu mobilitas sehari-hari. Hal ini mendorong banyak ilmuwan untuk mengembangkan kendaraan ini. Mulai dari William Murdock dan James Watt di Inggris, Richard Trevithick serta Sir G. Gurney yang menciptakan mobil berkecepatan 20 km/jam hingga Joseph E. Lenoir dengan gebrakannya yang mampu menciptakan cikal bakal mesin bertenaga bahan bakar.

Baca juga: Mengenal Sejarah, Cara Kerja, dan Jenis Mobil Hybrid

Pada tahun 1860, Joseph E. Lenoir berhasil menciptakan mesin dengan bahan bakar campuran dari batu bara, gas dan udara atmosfer. Tak lengkap jika ingin mengenal sejarah terciptanya mobil jika tidak mengangkat nama yang satu ini. Di Jerman, Karl Friedrich Benz juga tak mau kalah. Dia mencoba mengembangkan mobil dengan bahan bakar bensin.

Karl Friedrich Benz penemu dan pendiri Mercedes-Benz

Karl Benz tak sendirian. Gottilieb Daimler dan Wilhelm Maybach juga mencoba mengembangkan mobil dengan bahan bakar bensin pada saat itu. Namun, versi sempurna berhasil ditemukan oleh Karl Benz terlebih dahulu dan resmi dipatenkan pada tahun 1879. Mobil hasil ide Karl Benz ini menjadi cetak biru mobil Mercedes-Benz yang terkenal sebagai salah satu pabrikan mobil terbaik dunia. Karya Karl Benz ini juga menjadi tonggak utama perkembangan mobil saat ini.


Kembali ke atas