Mengenal Sejarah Toyota Starlet dari Masa Ke Masa

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 14 June 2020

Mengenal Sejarah Toyota Starlet dari Masa Ke Masa

momobil.id – Bagi penggemar mobil jadul, pasti familiar dengan nama Toyota Starlet. Mobil ini merupakan bintang mobil hatchback pada tahun 1990an. Dibalik kesuksesannya pada tahun 1990an, Toyota Starlet memiliki sejarah yang menarik untuk dibahas. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1973. Berawal dari mobil sedan, sampai dengan bentuk hatchback yang berevolusi menjadi Toyota Yaris, berikut adalah sejarahnya.

Generasi Pertama

Toyota Starlet Generasi Pertama

Sejarah awal Toyota Starlet berawal pada tahun 1973. Toyota meluncurkan mobil bernama Toyota Starlet Publica. Mobil ini diproduksi dari tahun 1973 sampai dengan 1977. Mobil yang memiliki kode P40 ini memiliki bentuk mirip dengan Toyota Corolla generasi ketiga. Perbedaan terletak pada ukurannya, dimana Toyota Starlet Publice memiliki ukuran yang lebih kecil. Generasi pertama Toyota Starlet hadir dalam bentuk kupe 2 pintu. Mobil ini hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin 1.000cc 2K I4 dan mesin 1.200cc 3K I4.

Generasi Kedua

Toyota Starlet Generasi Kedua

Pada generasi kedua, Toyota Starlet sudah tidak menggunakan nama Publica lagi. Bentuk generasi kedua ini sudah berubah dari sedan menjadi hatchback. Generasi kedua Toyota Starlet diproduksi pada tahun 1978 sampai dengan 1984. Pada saat itu, Toyota Starlet berada di kelas hatchback, dimana kelas sedan Toyota hanya Toyota Corolla. Mobil ini memiliki 3 pilihan mesin, yaitu mesin 1.000cc, 1.200cc, dan mesin 1.300cc yang diperkenalkan pada tahun 1983. Generasi kedua Toyota Starlet ini mulai diekspor keluar negeri, namun belum diekspor ke Indonesia.

Generasi Ketiga

Toyota Starlet Generasi Ketiga

Toyota Starlet generasi ketiga merupakan Toyota Starlet pertama yang masuk ke Indonesia. Mobil berkode EP70 ini mulai dirakir di Indonesia dan diproduksi pada tahun 1985 sampai dengan 1990 an. Pada awal peluncurannya, mobil ini dibekali dengan mesin 1.000cc, kemudian Toyota menyediakan mesin 1.300cc setahun setelah peluncurannya. Generasi ketiga ini merupakan mobil yang cukup banyak beredar pada masanya. Sampai saat ini, Generasi ketiga Toyota Starlet masih diburu oleh kolektor mobil.

Baca Juga : Aston Martin akan Produksi Ulang Mobil “James Bond” DB5

Generasi Keempat

Toyota Starlet Generasi Keempat

Toyota Starlet generasi keempat merupakan mobil yang paling populer di Indonesia pada tahun 1990an. Mobil ini dikenal dengan nama Starlet Kapsul karena memiliki bentuk yang membulat. Salah satu alasan mobil ini populer di kalangan anak muda adalah biaya perawatan yang murah, irit bahan bakar, sparepart yang mudah dicari, dan mudah untuk dimodifikasi. Mobil ini memiliki 3 pilihan mesin yang masing-masing bertransmisi manual. Pilihan mesin yang dimiliki mobil ini antara lain, 16 valve 4E-F (karburator), 4E-FE (injeksi), dan 4E-FTE (injeksi dengan turbo).

Toyota Yaris Sebagai Penerus Starlet

Toyota Yaris Generasi Keempat (JDM)

Toyota Starlet mulai dihentikan produksinya pada tahun 1998. Di Indonesia sendiri, Toyota Starlet dihentikan produksinya pada tahun 1999 dan digantikan dengan Toyota Yaris. Toyota Yaris generasi pertama dikenal dengan Toyota Vitz. Di Indonesia, Toyota Yaris diluncurkan pada tahun 2005. Toyota Yaris yang diluncurkan di Indonesia ini merupakan Toyota Yaris generasi kedua. Sampai saat ini, Toyota Yaris masih menjadi hatchback pilihan bagi konsumen yang berjiwa muda.

Sumber gambar: wikipedia.org


Kembali ke atas