Mengenal Sistem MLFF dan Aplikasi Cantas, Bayar Tol Tak Perlu Berhenti

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 28 May 2024

Mengenal Sistem MLFF dan Aplikasi Cantas, Bayar Tol Tak Perlu Berhenti

momobil.id – Dalam waktu dekat, pemerintah menargetkan penerapan sistem bayar tol tanpa berhenti alias Multi Lane Free Flow (MLFF). Dalam penerapannya, pengguna jalan tol perlu menggunakan aplikasi Cantas untuk bayar tarif ruas jalan tol yang dilewatinya.

Sistem ini mengandalkan teknologi Global Navigation Satellite System alias GNSS. Sistem bayar tol tanpa perlu berhenti dilakukan melalui aplikasi yang terdapat pada smartphone pengguna yang terhubung internet.

Menurut situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), aplikasi untuk pembayaran menggunakan fasilitas jalan tol ini dinamakan Cantas. Triono Junoasmono selaku Sekretaris BPJT menjelaskan para pengguna jalan tol dapat melakukan pembayaran nontunai tanpa kartu saat teknologi MLFF ini diterapkan.

Pengguna hanya perlu mengunduh dan mendaftar data pribadi pada aplikasi Cantas lewat smartphone masing-masing yang telah terkoneksi internet.

“Setelah tarif terkoneksi pada aplikasi, uang dari masing-masing instrumen pembayaran milik tiap pengguna juga akan berkurang otomatis,” jelas Triono dikutip dari situs BPJT.

Adapun saat ini aplikasi Cantas masih dalam pengembangan dan belum tersedia di App Store maupun Play Store. Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, menyatakan proses uji coba aplikasi ini belum selesai.

Meski begitu, Hedy mengungkapkan pihaknya menargetkan aplikasi Cantas akan selesai pada tahun ini dan mulai diterapkan secara bertahap pada akhir 2024.

Baca juga: Spesifikasi Kia EV3 yang Mengaspal di Negeri Ginseng: Punya Fitur Fast Charging

Adapun saat awal penerapannya nanti, masyarakat pengguna jalan tol harus mengunduh dan mendaftar di aplikasi Cantas. Pengemudi yang menggunakan aplikasi Cantas tak perlu tap-in menggunakan kartu uang elektronik untuk bayar tarif tol karena palang pintu akan otomatis terbuka saat pendeteksi membaca sinyal dari smartphone.

Sistem ini masih disebut Single Lane Free Flow (SLFF) karena masih menggunakan palang pintu. Sedangkan saat penerapan MLFF, palang pintu di gerbang tol akan menghilang karena kendaraan yang melintas akan dideteksi oleh sensor.

mobil terkait

Rp 122.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 205.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas