Mengenal Sistem Pendingin Lampu LED Pada Mobil

Ditulis oleh : redaksi | 22 January 2020

Mengenal Sistem Pendingin Lampu LED Pada Mobil

momobil.id – Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi lampu penerangan dalam dunia otomotif terus bertambah canggih. Sekarang ini, jenis lampu yang semakin diminati oleh para pecinta otomatif adalah LED Light Emitting Diode.

Jenis lampu LED ini mempunyai banyak sekali keunggulan, seperti mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang meskipun dengan menggunakan daya yang sangat minim, mampu tahan terhadap guncangan, dan memiliki dimensi lebih kecil.

Meski begitu, bukan berarti LED tak memiliki kelemahan. Kelemahan dari LED adalah panas. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan suhu hingga mencapai 70 derajat ke atas yang menimbulkan penurunan kinerja LED.

Panas tersebut tidak dihasilkan pada bohlamnya, namun melalui modul yang terletak pada belakang LED. Sehingga diperlukannya sistem pendingin agar memastikan LED tersebut tetap bekerja dengan maksimal.

Sekarang ini ada banyak jenisnya sistem pendingin LED, namun yang paling populer adalah kipas. Kinerja dari kipas mampu membuang panas cukup baik. Akan tetapi kipas akan berkurang fungsinya jika jarang dibersihkan.

Kotoran yang masih tersangkut pada kipas tentunya akan memberatkan kerja kipas. Hal inilah yang nantinya akan menurunkan kemampuan untuk mengeluarkan panas LED. Namun, menurut Liong To dari Autovision bahwasanya kipas masih paling bagus untuk mengurangi panas lampu LED hingga sekarang ini.

Ada sistem lainnya yang mampu mengurangi panas lampu LED yaitu udara. Biasanya berupa heat sink atau bilah-bilah logam. Material pembentuknya ada beragam jenisnya, yakni mulai dari tembaga hingga alumunium. Logam inilah yang nantinya akan meneruskan panas yang berasal dari modul lampu LED, kemudian dilepaskan ke arah belakang.

Baca Juga: Ini Baru Greget! Hyundai Pamerkan Konsep Taksi Terbang

Sistem lain selanjutnya yaitu pendingin air, akan tetapi sistem ini belum ada di pasaran. Menurut Liong To, sistem pendingin air ini memang cukup baik dalam pengendalian suhunya, apabila dilihat dari segi konsepnya. Kekurangan dari sistem pendingin air ini lebih berisiko terhadap kebocoran dan harga dari pendingin air ini lebih mahal.(Dwi Septi)

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas