Mengenal Sistem Rem ABS dan Cara Kerjanya agar Roda Tidak Terkunci

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

16 Sep 2019

momobil.id - Rem merupakan salah satu sistem keamanan terpenting pada mobil. Salah satu sistem pengereman yang banyak digunakan pada mobil kekinian saat ini adalah Anti Brake System (ABS). Meski begitu, tak semua pemilik kendaraan mengetahui apa sebenarnya fungsi ABS dan bagaimana cara kerjanya.

Secara harfiah, Anti-lock Brake system dalam bahasa Indonesia memiliki arti sistem rem anti terkunci. Yup, ABS mencegah roda mobil terkunci ketika terjadi pengereman mendadak atau keras. Sistem ini awalnya diadopsi dari pesawat terbang. Kemudian pada tahun 1970an, beberapa produsen mobil seperti Toyota dan Chrysler mulai menerapkan sistem rem ABS pada mobil produksi mereka. Salah satu jenis mobil modern yang hingga kini menggunakan rem ABS adalah Toyota Rush.

Sistem ABS sangat berguna saat melakukan pengereman mendadak di kecepatan tinggi atau jalan yang licin. Tanpa ABS, mobil akan mengerem namun roda menjadi terkunci dan mobil akan sulit dikendalikan. Sistem anti-lock braking inilah yang akan membantu dalam melakukan pengereman mendadak sehingga roda tidak terkunci dan masih bisa dikendalikan.

Sistem ABS terdiri dari empat komponen utama yang berperan penting dalam pengereman, antara lain sensor kecepatan, katup pengereman, pompa, dan controller. Proses sistem rem ABS sangat sederhana. Ketika mobil sedang melaju, sensor kecepatan akan membaca kecepatan mobil setiap saat dan akan mengirimkannya ke controller. Jika melakukan pengereman normal, roda tidak akan terkunci.

Controller telah diprogram untuk menghentikan kendaraan secara maksimal dan tidak boleh ada penguncian roda selama pengereman. Sebelum roda terkunci, controller akan memperoleh data dari sensor kecepatan dan memerintahkan katup untuk mengunci tekanan dengan mengambil katup posisi dua atau katup posisi tiga, sesuai dengan instruksi controller.

Setelah rotasi roda terdeteksi oleh sensor kecepatan, controller memerintahkan katup untuk mengambil posisi satu, yang memungkinkan tekanan minyak rem untuk kembali dan ditransmisikan ke rem. Kinerja rem ABS pada mobil sangat cepat, rata-rata mampu melakukan lima belas kali proses dalam satu detik.

Rem ABS cukup efektif dan efisien dalam mengurangi potensi kecelakaan. Menurut penelitian yang dilakukan Monash University Accident Research Centre pada tahun 2004, sistem rem ABS bisa mengurangi kecelakaan beruntun sebesar delapan belas persen.

Sumber gambar: Live about

  • Featured Article
  • tips berkendara
  • rem mobil
  • tips dan trick
  • rem ABS

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA PUSAT

2019
Manual

114 juta

2,505,000 jutaan/bln

JAKARTA PUSAT

2019
Manual

225 juta

3,039,000 jutaan/bln

JAKARTA PUSAT

2019
Manual

196 juta

3,023,000 jutaan/bln

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More