Mengenal Supercar Pertama Afghanistan, Taliban Mada 9

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 23 January 2023

Mengenal Supercar Pertama Afghanistan, Taliban Mada 9

momobil.id – Kelompok pemeritahan yang menguasai Afghanistan, Taliban memamerkan mobil supercar lokal, yaitu Mada 9. Mobil buatan dalam negeri tersebut merupakan supercar pertama dari Afghanistan.

“Keistimewaan mobil ini adalah dibuat di Afghanistan dan tidak ada mobil seperti itu yang dibuat di dunia. Afghanistan telah menjadi negara yang terkenal dengan perang dan konflik dan kesengsaraan, tetapi sekarang kendaraan semacam itu telah dibuat di sini,” ujar Mohammad Riza Ahmadi, Insinyur Mada 9 dilansir dari salah satu media lokal Afghanistan, Tolo News.

Mada 9 sendiri masih dalam tahap prototipe dan belum dijual secara massal. Meskipun demikian, mobil tersebut sudah mendapatkan penawaran dari beberapa orang.

Mada 9 dirancang selama 5 tahun oleh perusahan desain mobil ENTOP dan Institut Vokasi Teknik Afghanistan (ATVI). Dibutuhkan sebanyak 30 insinyur dan desainer dalam pengembangan supercar pertama Afghanistan tersebut.

Baca Juga: Ini 10 Hypercar yang Masuk Daftar Mobil Tercepat di Dunia

Tampilan Eksterior Mada 9

Secara tampilan, mobil sport Taliban Mada 9 memiliki lekukan bodi aerodinamis ala supercar. Fasia depan disematkan lampu pipih dan grill dengan logo Mada 9 pada bagian tengah. Beralih ke bagian samping, tarikan garis bodi terlihat sporty dan modern dengan wheel arch berukuran besar.

Bagian belakang juga disematkan lampu stoplamp dengan bentuk pipih. Sementara lubang knalpot diletakkan pada bagian tengah.

Performa

Soal dapur pacu, Mada 9 tidak memiliki mesin yang bertenaga layaknya supercar lain. Mobil ini dibangun dari mesin yang digunakan oleh Toyota Corolla dan sudah dimodifikasi untuk performa yang lebih sangar. Meskipun demikian, belum ada informasi mengenai output yang dikeluarkan oleh mesin tersebut.

Sebagai informasi, Toyota Corolla menggendong mesin 1,8 liter, 4 silinder, 16 katup VVT-i. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 187 hp.

Meskipun menggunakan mesin milik Toyota Corolla, tata letak dari mesin berada di bagian tengah kendaraan layaknya sebuah hypercar. Mesin yang digendong oleh Mada 9 dapat diganti dengan motor listrik dan baterai setelah persiapan produksi selesai.

mobil terkait

Rp 295.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 622.900.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 346.700.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 324.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA


Kembali ke atas