Mengenal Tambal Ban Tip Top serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 8 March 2024

Mengenal Tambal Ban Tip Top serta Kelebihan dan Kekurangannya

momobil.id – Ada sejumlah metode yang bisa dilakukan dalam tamban ban tubeless, salah satunya adalah tambal ban tip top. Metode ini seringkali digunakan karena dianggap mampu membuat usia ban tubeless menjadi lebih awet. Kenali apa itu tambal ban tip top beserta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini!

Apa Itu Tambal Ban Tip Top?

Tambal ban tip top merupakan sebutan lain dari tambal ban dalam. Metode yang digunakan adalah dengan cara merekatkan tire-patch atau sebuah lapisan karet pada bagian dalam ban tubeless. Penyebutan nama tip top sendiri berasal dari merek produk yang digunakan tambal ban.

Metode tambal ban tip top dinilai lebih aman dan mampu menutup bekas lubang kebocoran dengan rapat. Berikut ini adalah proses melakukan tambal ban tip top.

  • Lepas roda mobil terlebih dahulu, kemudian lepas ban dari velg.
  • Mencabut benda tajam yang menapak pada ban.
  • Bor bekas lubang kebocoran untuk menyesuaikan ukuran lubang dengan tangkai karet payung tambal ban tip top.
  • Area sekitar lubang yang sudah dibor kemudian dipapas menggunakan gerindra untuk membentuk pola dudukan tempat penempelan karet.
  • Area yang sudah dipapas kemudian dilem dan ditempelkan karet payung.
  • Langkah menempelkan karet payung adalah dengan memasukkan tangkai karet dari dalam ban, kemudian tarik dengan bantuan tang dari luar tapak ban.
  • Setelah proses penempelan karet, umumnya ban diberi tambahan lem tahan panas atau hot press di sekitar permukaan karet atas dan karet dalam agar lubang tertutup secara maksimal. Diamkan ban selama 10-20 menit hingga lem benar-benar kering.
  • Potong sisa karet ujung payung.
  • Pasang kembali ban dan velg pada mobil.

Kelebihan

Salah satu kelebihan dari tambal ban tip top adalah lebih kuat dan awet. Hal ini dikarenakan metodenya yang dilakukan dengan cara menutup celah lubang pada ban menggunakan karet. Lapisan penambal karet di-press di bagian dalam ban, sehingga tambalannya lebih awet. Metode ban tip top bisa dilakukan untuk menambal ban bocor lebih dari satu titik hingga ban sobek.

Baca Juga: Run Flat Tyre, Ban Mobil Tahan Kempes dan Anti Pecah

Kekurangan

Meskipun tambal ban tip top memiliki sejumlah kelebihan, metode ini juga memiliki kekurangan. Tambal ban tip top umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan tamban ban lain. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp40.000,- hingga Rp120.000,- per lubang. Biaya yang dikeluarkan tergantung jumlah dan besarnya lubang pada ban.

Selain harga yang mahal, tambal ban tip top juga dinilai memakan waktu yang lama. Prosesnya juga cukup rumit karena perlu melepas ban terlebih dahulu dari velg. Selain itu, tidak semua bengkel ban menggunakan tambal ban tip top.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari tambal ban tip top. Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas