Mengenal Tugas Safety Car pada Ajang Balap MotoGP 2023

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 16 October 2023

Mengenal Tugas Safety Car pada Ajang Balap MotoGP 2023

momobil.id – MotoGP Mandalika 2023 berlangsung di Sirkuit Mandalika pada Minggu (15/10). Pada ajang balap ini, tentu saja penonton melihat mobil safety car BMW yang wara-wiri keliling lapangan sebelum balapan berlangsung. Lantas, apa tugas dari mobil safety car selama ajang balap MotoGP berlangsung? Simak pembahasannya di bawah ini!

Mengenal Safety Car pada Ajang Balap Beserta Tugasnya

Safety car merupakan kendaraan yang digunakan untuk mengatur laju mobil atau motor balap di lintasan. Kendaraan ini ditunggangi oleh dua orang, yaitu pengemudi dan navigator yang akan melaporkan kondisi sirkuit kepada Race Direction. Pengemudi dari safety car wajib mendapatkan lisensi dari Dorna untuk mengemudikannya.

Dibutuhkannya safety car pada ajang balap merupakan bagian dari peraturan resmi yang dicetuskan oleh Federal International le’Automobile (FIA) pada tahun 1993. Namun, sebelumnya safety car sendiri sudah mulai digunakan pertama kali pada Grand Prix Canada tahun 1973 dengan mobil Porsche 914 berwarna kuning.

Safety car memiliki tugas penting, yaitu menetralisir jalannya kompetisi ketika terjadi keadaan darurat, misalnya kecelakaan, hujan deras, dan sebagainya. Mobil ini wajib memiliki spesifikasi yang seimbang dengan performa kendaraan peserta balap.

Mobil safety car akan mengelilingi sirkuit terlebih dahulu untuk melakukan inspeksi saat pembalap melakukan pemanasan. Pengemudi safety car wajib melakukan inspeksi dengan melihat benda yang membahayakan di sekitar sirkuit, atau mengecek adanya oli yang tercecer di sekitar lintasan. Selain itu, pengemudi juga wajib siaga ketika balapan berlangsung dan wajib memantau kondisi lintasan.

Baca Juga: BMW X5 LCI 2023 Meluncur di Indonesia, Harga Rp1,7 M

Safety Car pada MotoGP Mandalika 2023 Beserta Tugasnya

Pada ajang balap MotoGP Mandalika 2023, ada tiga mobil safety car yang bertugas. Ketiga mobil tersebut merupakan BMW M yang meliputi BMW M3 Touring, BMW M2, dan BMW M5 CS. Tidak hanya safety car, BMW juga menyediakan BMW M 1000 RR yang ditugaskan sebagai safety bike.

BMW sendiri sudah menjadi safety car untuk balapan MotoGP sejak tahun 1999. Salah satu mobil langka yang pernah digunakan untuk safety car adalah Z8 Roadster pada MotoGP musim 2002.

Dilansir dari detikOto, Marketing Manager BMW M GmbH, Project Lead MotoGP, Axle Mittler mengatakan bahwa masing-masing safety car dan safety bike memiliki tugas dalam ajang balap MotoGP. Safety bike memiliki peran memastikan sensor pada empat sektor sirkuit berjalan dengan baik. Selain itu, motor ini juga digunakan untuk keperluan pengenalan sirkuit. Di sisi lain, safety bike memastikan sirkuit aman sesaat sebelum balapan dimulai.

Safety bike akan melakukan putaran inspeksi 10 menit sebelum balapan dimulai. Kemudian, safety car pertama akan melakukan satu putaran dan berada di belakang pembalap pada 5 menit sebelum balapan di mulai. Hal yang sama juga dilakukan dengan safety car kedua. Ketika pembalap melakukan warm up lap, satui safety car mengikuti di bagian belakang. Hal yang sama juga dilakukan oleh safety car selama lap pertama.

Ketika lap pertama selesai, safety car kemudian diparkir di suatu lokasi sekitar sirkuit dan pit lane. Jika terjadi kecelakaan, maka Race Direction akan menghubungi safety car untuk melakukan evakuasi di lokasi kecelakaan. Pada ajang balap MotoGP Mandalika 2023, safety car M3 Touring dilengkapi dengan peralatan medis. Sementara safety car M5 CS merupakan mobil yang dilengkapi dengan pegangan Race Direction.

mobil terkait

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas