Sebelum Mengendarai Mobil Jarak Jauh, Lakukan 7 Hal Ini!

Ditulis oleh : admin | 5 July 2018

Sebelum Mengendarai Mobil Jarak Jauh, Lakukan 7 Hal Ini!

Mengendarai Mobil Jarak Jauh | Mengendarai Mobil

momobil.id – Hal yang seringkali luput sebelum mengendarai mobil jarak jauh,  adalah mengecek kelengkapan mobil. Padahal, seringkali kendala di jalan terjadi karena kelalaian pengendara untuk mengecek performa mobil sebelum mengendarainya ke lokasi jauh yang ingin dituju.

Dengan mengecek performa kendaraan, Anda dan keluarga tentu akan merasa aman dan nyaman saat mengendarai mobil jarak jauh. Hal ini juga bisa membantu Anda mengantisipasi segala hal yang mungkin terjadi selama di jalan, seperti mesin mogok atau ban bocor yang tak terduga.

Berikut tips sederhana untuk cek mobil sebelum mengendarai mobil jarak jauh dari Tim momobil.id yang dirangkum dari berbagai sumber:

Memastikan Oli Mesin Mobil dalam Keadaan Cukup

Hal sederhana pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengendarai mobil jarak jauh adalah memastikan volume oli mesin mobil dalam keadaan cukup. Caranya adalah dengan memeriksa level pada stik oli. Level oli harus berada di garis antara tanda “L” dan “F” dan seharusnya hanya sedikit di bawah garis level “F. Bila kurang, Anda bisa menambahkan secukupnya.

Memeriksa Air Radiator atau Air Reservoir

Sebelum mengendarai mobil jarak jauh, pastikan sebelum mulai berkendara, air radiator dalam kondisi penuh. Sementara air reservoir ada dalam batas level dan tidak perlu terlalu penuh. Pastikan pula selang radiator dan selang penghubung ke reservoir dalam keadaan baik, tidak menggelembung atau retak.

Pastikan Filter dan Selang Bensin dalam Kondisi Baik

Sebelum mengendarai mobil jarak jauh, pastikan selang bahan bakar tidak retak atau bocor. Filter bensin tidak tersumbat dan dalam keadaan baik. Jika Anda rajin membawa mobil Anda ke bengkel, maka bisa Anda pastikan filter dan selang bensin mobil dalam keadaan baik.

Putaran Kipas Pendingain Harus dalam Keadaan Baik

Bila kipas pendingin mobil diputar oleh belt, pastikan fisik belt tidak dalam kondisi retak. Jika kondisi belt buruk, maka Anda harus segera menggantinya. Cek pula tension belt agar kipas bisa berputar secara optimal.

Mengganti Timing Belt Bila Terdapat eKrusakan

Patokan untuk mengganti timing belt adalah pada indikator jarak tempuh 50.000 kilometer di spedometer mobil. Jika sudah mencapai batas tersebut beserta kelipatannya, maka Anda harus segera menggantinya.

Membersihkan Air Filter dan Aki Mobil

Sebelum mengendarai mobil jarak jauh, pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh 10.000 kilometer dan Anda harus membersihkannya bila indikator telah mencapai jarak tempuh tersebut. Sedangkan untuk aki, Anda harus memastikan baut kutub aki dalam keadaan bersih dari kotoran dan kerak.

Pastikan Ban, Rem, Lampu dan Wipper Kaca

Sebelum mengendarai mobil jarak jauh, memastikan ban, rem, lampu dan wipper kaca mobil dalam keadaan baik adalah hal yang harus Anda lakukan pula. Jadi, pastikan semuanya dalam kondisi baik, ya!

Oleh : Dwi Septi

Foto : Istimewa

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 206.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 190.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas