Menggunakan Variasi Kaca Film Sebagai Aksesoris atau Penunjang Keamanan?

Auto-Lifestyle | Mobil Bekas

Pemasangan variasi kaca film dengan beragam filter warna, mulai dari coklat hingga ada yang sangat gelap mencapai 80% dapat mempermanis eksterior mobil. Tapi bagaimanakah aturan sebenarnya? Dan apa dampak kenyamanan dan keamanan bagi Anda? Ini penjelasannya:

Menjaga Suhu Interior Tetap Stabil

Panas matahari yang masuk ke dalam kabin mobil akan menaikkan suhu ruang. Tentu saja hal ini tak nyaman bagi orang yang ada di dalamnya. AC yang dinyalakan pada suhu terendah, akan meningkatkan kerja mesin hingga akhirnya boros BBM. Kaca film mengurangi naiknya suhu ruang dengan menahan cahaya semaksimal mungkin. Semakin gelap kaca film maka semakin banyak cahaya dikurangi ke bagian dalam dan kinerja AC tak memaksa mesin hingga hemat BBM.

Performa

Kaca berwarna hitam mengesankan eklusif dan keeleganan mobil. Terlebih jika warna kaca film sepadan dengan warna bodi mobil.

Lebih privat dan mengurangi risiko kejahatan

Apapun aktivitas yang Anda lakukan di dalam mobil tidak menjadi konsumsi tontonan orang di luar. Dan yang lebih menguntungkan, mengurangi tindak kejahatan karena mereka tidak dapat mereka-reka jumlah orang di dalamnya atau barang-barang yang dibawa.

Mengurangi pantulan cahaya pada kaca

Cahaya berlebihan yang diterima mata akan berdampak pada kelelahan mata atau terganggu konsentrasi mengemudi. Menggunakan kaca film mengurangi pantulan dan cahaya silau dan tetap menjaga konsentrasi mengemudikan mobil dengan aman dan nyaman.

Keamanan

Kaca film yang baik berfungsi pula sebagai pelindung di saat terjadi benturan dan tak langsung pecah. Ada beberapa kaca film bahkan melindungi dari bahaya kejahatan yang menggunakan alat. Bahan-bahan kaca film yang dibuat beragam, didasari dari keunggulannya. Dan perbedaan unggulannya tersebut pun mempengaruhi harganya.

Pemasangan kaca film yang direkomendasikan untuk keselamatan berkendara idealnya adalah: kaca depan 20% serta kaca samping dan belakang 60%. Meskipun beberapa pemilik mobil memilih menggelapkan kaca, batas toleransi untuk keamanan dan kenyamanan: kaca depan maksimum 40%, kaca samping dan belakang maksimum 80%. Setelah mengetahui manfaat dari kaca film tersebut, sekarang Anda bisa mengaplikasikan pemasangan kaca film sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

Berita Terbaru

  • Tak Sekedar Hiasan, Ini Fungsi Gril Pada Mobil
    • 19 Jun 2019
  • Memahami Fungsi Ring Piston dan Cara Merawatnya
    • 19 Jun 2019
  • AC Mobil Kurang Dingin? Ini Beberapa Penyebabnya
    • 18 Jun 2019
  • Tiga Efek Negatif Jika Ban Mobil Kelebihan Tekanan Udara
    • 17 Jun 2019
  • Mengenal Jenis Mobil Hybrid dan Keunggulannya Dibanding Mobil Konvensional
    • 14 Jun 2019