Cara Menghilangkan Karat di Piringan Cakram, Tak Perlu Cairan Pembersih

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 January 2022

Cara Menghilangkan Karat di Piringan Cakram, Tak Perlu Cairan Pembersih

momobil.id – Karat tak hanya bisa muncul di bagian body mobil. Penyakit yang satu ini juga bisa timbul pada komponen sistem pengereman seperti piringan cakram. Seperti bagian lainnya, karat di piringan cakram mobil juga perlu dibersihkan. Namun caranya lebih mudah dibanding bagian lain.

Timbulnya karat bukan hal yang bagus bagi komponen berbahan logam, termasuk piringan cakram. Menanggapi hal ini, Kepala Bengkel Body and Paint Auto2000 Karawang, Arie Ferdiansyah mengatakan pada dasarnya komponen piringan cakram memang dirancang tak berpelindung karat.

“Dengan demikian akan mudah berkarat jika terjadi oksidasi. Kenapa lebih mudah berkarat jika diparkir di outdoor dalam beberapa hari? Karena kadar udara di luar lebih banyak mengandung air atau embun dibanding di dalam ruangan atau garasi,” kata dia seperti dilansir Kompas.com.

Sehingga, akan mudah menempel pada piringan dan membuat oksidasi di bagian piringan cakram. Maka jangan terlalu panik serta khawatir karena karat yang terjadi tidak berbahaya. Menurut Arie, karat itu hanya menempel pada bagian luar saja tidak akan merusak struktur dan fungsi piringan cakram dari sistem rem. “Terlebih pada mobil kekinian, piringan cakramnya terbuat dari besi tuang atau cast iron yang sangat padat dan kuat terhadap korosi,” ujarnya.

Ia mengungkap juga bahwa tak adanya lapisan anti-karat pada permukaan piringan cakram bukan tanpa alasan. Komponen tersebut dibuat tanpa lapisan pelindung karat bagian luar guna mendukung fungsi pengereman kendaraan agar lebih maksimal. Kini pertanyaannya adalah, bagaimana cara menghindari munculnya karat pada cakram mobil?

“Karat akan tetap muncul pada seluruh permukaan piringan cakram karena memang terbuat dari besi yang tidak dilindungi lapisan anti karat. Tetapi tidak perlu khawatir untuk kendaraan yang aktif digunakan,” kata Arie.

Baca juga: Mengenal Fungsi Timing Belt dan Fan Belt Serta Cara Merawatnya

“Bagian permukaan piringan cakram yang kontak langsung dengan kampas rem akan selalu bersih dan cenderung mengkilap karna selalu terjadi friksi saat rem bekerja,” lanjutnya. Kampas rem yang bergesekan langsung dengan piringan rem cakram dengan sendirinya akan mengikis atau membersihkan piringan dari karat yang menempel di permukaan.

Sementara untuk kendaraan yang tidak aktif digunakan, solusi agar terhindar karat tersebut adalah cukup dengan menjalankan kendaraan beberapa meter saja. Karat yang menempel akan bersih dengan sendirinya. Hindari penggunaan cairan pembersih karat karena akan mengurangi fungsi dari piringan cakram tersebut.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas