Cara Menghilangkan Warna Kusam di Dashboard Mobil

Ditulis oleh : Hizkia Oloan Panjaitan | 5 December 2019

Cara Menghilangkan Warna Kusam di Dashboard Mobil

momobil.id – Dashboard mobil yang terlihat kusam memang kurang sedap dipandang mata. Ada beberapa hal yang menyebabkan warna dashboard menjadi kusam. Salah satunya dari cairan parfum mobil yang bisa mengakibatkan menimbulkan efek belang pada dashboard karena mengandung zat kimia. Zat ini jika terkena bahan plastik dan ditambah dengan hawa panas dari dalam mobil, maka lambat laun akan merusak dashboard mobil.

Saat ini, banyak cairan pembersih dashboard yang dijual di toko-toko aksesori dan perlengkapan mobil. Namun biaya yang dikeluarkan bisa jadi cukup mahal. Guna menghemat anggaran, berikut beberapa benda yang harganya lebih ekonomis namun bisa membantu menghilangkan warna kusam pada dashboard mobil dan kembali terlihat kinclong.

Baca Juga: Kondisi cat sudah begini, waktunya dibawa ke salon mobil

Minuman bersoda

Hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan kain bersih yang dapa menyerap air dan jangan terdapat serat. Kain berserat dapat meninggalkan sisa-sisa serat pada dashboard. Selanjutnya, siapkan botol penyemprot yang sudah tak terpakai.

Ketika melakukan pembersihan, isi botol penyemprot tersebut dengan minuman bersoda yang sudah disiapkan. Isi botol tersebut hingga penuh kemudian semprotkan pada bagian dashboard secara merata menggunakan kain yang sudah disediakan. Pastikan semua tersemprot dan terusap dengan merata agar hasil yang didapat maksimal. Setelah itu tunggu beberapa menit sampai benar-benar kering dan lihat hasilnya.

Lotion

Penggunaan lotion termasuk cara mudah dan murah untuk membuat dashboard kembali kinclong maksimal. Cukup siapkan lap penyerap air atau chamois untuk membersihkan permukaan dari debu. Setelah itu, oleskan lotion terlebih dahulu ke kain, baru digosokkan ke dashboard. Sifat lotion biasanya memiliki perlindungan dari sinar matahari sebagai pelembab, jadi tidak akan menjadi masalah jika digunakan. Jangan lupa oleskan ke seluruh permukaan dashboard, dan usahakan untuk langsung digosok dengan lap kering yang halus. Hal ini dilakukan agar sifat lengket pada lotion hilang, sehingga debu dan kotoran tidak menempel.

Minyak zaitun (olive oil)

Cara pengerjaannya dimulai dari membasahi tisu dengan minyak zaitun, lalu usapkan pada bagian dashboard secara merata. Perbandingan sebelum dan setelah dipoles bisa langsung terlihat. Tanpa bau yang menyengat, warna kusam pada dashboard mobil akan menghilang tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Sumber gambar: Carroar



Kembali ke atas