Menghindari Tilang, Ini Tips Memilih Roof Box Mobil yang Pas

Ditulis oleh : admin | 11 January 2022

Menghindari Tilang, Ini Tips Memilih Roof Box Mobil yang Pas

momobil.id – Penggunaan roof box pada atap mobil menimbulkan kontroversi karena dinilai menyalahi aturan dan rancangan teknis kendaraan. Hal ini dikarenakan penambahan beban dari roof box dapat berpengaruh terhadap pengendalian kendaraan. Mobil yang membawa roof box bisa ditilang apabila ukuran dan bawaan yang melewati batas. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu memilih roof box yang pas untuk mobil agar lebih aman dan terhindar dari tilang.

Perhatikan Desain dan Dimensi yang Tepat saat Memilih Roof Box

Memilih desain yang tepat untuk roof box mobil juga penting karena menyangkut aerodinamika kendaraan. Ukuran roof box yang ideal memiliki lebar 90-95 cm dengan tinggi 35-45 cm. Selain itu, untuk menjaga aerodinamika kendaraan, gunakan roof box yang rendah dan ramping, namun ukurannya memanjang.

Kenali Ukuran dan Beban Maksimal Atap Mobil

Beban maksimal atap setiap mobil berbeda-beda, tergantung ukuran dan material dari mobil tersebut. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu mengetahui beban yang bisa ditampung oleh mobil. Roof box yang terlalu berat biasanya dapat berdampak pada struktur atap mobil. Pemilihan dari roof box biasanya dapat disesuaikan dengan daya kapasitas angkut mobil. Untuk mobil yang dapat mengangkut 5-6 orang penumpang, roof box yang dapat digunakan berukuran 300 liter. Selebihnya untuk mobil berkapasitas 7 penumpang atau lebih, disarankan roof box dengan maksimal ukuran 400 liter. Selain itu, pemilik mobil juga dapat menghitung beban maksimal dengan mengurangi gross weight dan curb weight, kemudian dikurang total jumlah penumpang.

Baca Juga: Benarkah Pasang Roof Box di Atap Mobil Bisa Ditilang?

Pilih Roof Box dengan Material yang Berkualitas

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memilih roof box adalah pemilihan material. Pilihlah roof box dengan bahan plastik ABS agar lebih kuat dan tahan air. Selain itu, roof box plastik ABS juga memiliki bobot yang tidak terlalu beratm yaitu 10-15kg. Usahakan roof box sudah dilapisi dengan pelindung anti sinar ultraviolet agar lebih awet walaupun terkena sinar matahari terus menerus.

Perhatikan Cara Memasang Roof Box Mobil

Roof box harus terpasang dengan baik agar lebih aman dan tidak mengganggu kestabilan kendaraan saat berkendara. Pilihlah roof box yang mudah untuk dibongkar pasang agar mudah untuk dilepaskan saat tidak dipakai.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas